HTML

17 Mei Dalam Peringatan Hari Buku Nasional


Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Pada bulan April kemudian, tepatnya tanggal 23 April kita telah memperingati hari buku sedunia atau yang sering disebut dengan World Book Day. Nah, di bulan Mei ini, Indonesia juga memperingati hari buku dengan skala nasional atau yang disebut dengan Hari Buku Nasional. Hari buku nasional diperingati setiap 17 Mei. Dipilihnya tanggal 17 Mei sebagai Hari Buku Nasional bertepatan dengan tanggal momentum berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang bangkit pada 17 Mei 1980. Pada tahun 2002, Menteri Pendidikan Kabinet Gotong Royong ialah Abdul Malik Fadjar mencanangkan adanya Hari Buku Nasional. Peringatan ini juga sebagai momentum untuk meningkatkan minat baca di Indonesia. Selain itu juga berkaitan dengan pentingnya budaya baca masyarakat di Indonesia. 
 
Dalam aneka macam laporan atau hasil penelitian beberapa tahun terakhir menawarkan terdapat bermacam-macam hasil yang menempatkan Indonesia dalam aneka macam peringkat berkaitan dengan indeks literasi. Pertama,  studi yang dilakukan bertajuk  The World’s Most Literate Nations (WMLN) pada tahun (2016) menempatkan Indonesia di peringat 60 dari 61 negara dalam rangka menganalisis tren literate behavior and literacy. Kedua,  Global English Editing (2018) dalam infografis nya bertajuk World Reading Habits in 2018 yang berkaitan dengan kebiasaan membaca seseorang di seluruh dunia menempatkan indonesia di peringkat 16. Ketiga, Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Kemdikbud (2019) juga telah merilis indeks kegiatan literasi membaca nasional secara umum memberikan bahwa  hasil terhadap penghitungan Indeks Alibaca mempunyai nilai rata-rata dalam kategori acara literasi rendah, yaitu berada di angka 37,32. Terdapat empat dimensi yang dipakai untuk menyusun nilai tersebut, antara lain Dimensi Kecakapan sebesar 75,92, Dimensi Akses sebesar 23,09, Dimensi Alternatif sebesar 40,49; serta Dimensi Budaya sebesar 28,50.
 
Berdasarkan banyak sekali hasil laporan atau hasil penelitian diatas, momentum 17 Mei dalam Peringatan Hari Buku Nasional ini harus dimanfaatkan dalam aneka macam cara untuk terus mendorong minat baca masyarakat di Indonesia diantaranya ialah memaksimalkan terusan terhadap Informasi yang ada pada berbagai jenis perpustakaan di seluruh Indonesia sehingga masyarakat akan lebih gampang memperoleh materi bacaan yang bermutu dan bermanfaat. Membuat banyak sekali acara atau gerakan membaca (literasi) sejak dini secara masif, menggandeng berbagai pihak yang terlibat di bidang literasi untuk terus mendorong masyarakat memanfaatkan gosip untuk banyak sekali tujuan dan menunjukkan aneka macam edukasi kepada masyarakat luas tentang pentingnya membaca. Tak lupa juga dengan adanya perkembangan teknologi info dan kemudahan saluran isu juga dimanfaatkan untuk mengakses banyak sekali materi bacaan elektronika seperti (ebooks).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Mei Dalam Peringatan Hari Buku Nasional"

Posting Komentar