HTML

Cara Install Mysql Server 5.6 Atau 5.7 Di Debian 9



Sejarah MySQL

MySQL ialah perangkat lunak untuk system administrasi basis data SQL (DBMS) yang multithread, dan multi-user. MySQL ialah implementasi dari system administrasi basisdata relasional (RDBMS). Sebagai sofware pengelola basis data yang telah di miliki oleh Oracle salah satu perusahaan pengelola sofware terbesar di dunia.

Sejarah mencatat seorang programmer komputer asal negeri Swedia yang berjulukan Michael “Monty” Widenius membuatkan sistem database sederhana di beri nama UNIREG. Pada ketika tools ini di buat masih memakai low level database engine dengan indexing. Michael “Monty” Widenius juga masih bekerja pada salah satu perusahaan di Swedia yang berjulukan TcX.

Tahun 1994 TcX mulai menaruh minat pada proyek Monty yang akan mengakibatkan UNIREG sebagai sistem database untuk proyek web yang sedang di buat. Karena UNIREG dianggap tidak terlalu cocok untuk database yang dinamis menyerupai web sehingga pada kesudahannya TcX mencari alternatif lain yakni mSQL (mini SQL) yang telah dikembangkan oleh David Hughes. Namun mSQL versi 1 ini mempunyai kekurangan, yaitu tidak mendukung indexing sehingga dianggap kurang baik.

Sehingga di buatlah kerjasama antara Michael “Monty” Widenius, David Hughes dan Tcx untuk membuatkan sistem database, pada tahun 1995 di rilis sofware pengelolaan database dengan nama MySQL merupakan cikal bakal pengembangan MySQL. Sofware ini bersifat open source ada beberapa perusahaan telah membuatkan MySQL hingga kesudahannya dikelola eksklusif oleh suatu perusahaan berjulukan Oracle.

MySQL unggul dalam hal unjuk kerja di bandingkan perangkat lunak kompetitor sejenisnya, namun untuk database jenis non-transaksional MySQL mempunyai kelebihan dan sangat cocok untuk aplikasi CMS menyerupai blogging dan sejenisnya. Untuk kebutuhan sistem yang ditujukan untuk bisnis sangat disarankan untuk memakai basis data transaksional, unjuk kerja MySQL pada modus transaksional tidak secepat unjuk kerja pada modus non-transaksional.

Selanjutnya perusahaan mendapat penghasilan dari menjual jasa “support” bagi perusahaan yang ingin mengimplementasikan MySQL. Konsep bisnis ini kini dikenal dengan istilah Open Source. Pada ketika dirilis MySQL, TcX merubah nama perusahaan menjadi MySQL AB, dengan Michael Widenius, David Axmark dan Allan Larsson sebagai pendirinya. Titel “AB” dibelakang MySQL, merupakan kependekan dari “Aktiebolag”, sama dengan PT (Perseroan Terbatas).

Cara Instalasi MySQL

1. Download the MySQL APT repository config tool
wget https://dev.mysql.com/get/mysql-apt-config_0.8.9-1_all.deb
2. Install MySQL 
dpkg -i mysql-apt-config_0.8.9-1_all.deb
Pilih Server  mysql-5.6 atau mysql-5.7. kemudian klik Apply

3. Lakukan Update 
apt-get update
Demikian klarifikasi perihal sofware database MySQL biar artikel ini bermanfaat bagi anda, biar berguna.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Install Mysql Server 5.6 Atau 5.7 Di Debian 9"

Posting Komentar