HTML

Tips Cara Memakai Winbox Untuk Remote Router Mikrotik



Saat kita konfigurasi Router Mikrotik sanggup memakai beberapa cara ialah SSH, Telnet, serial console dan sanggup juga memakai browser webfig. Selain yang saya sebutkan tadi ada aplikasi kusus yang sanggup anda gunakan yakni dengan aplikasi winbox berbasis GUI sehingga akan lebih gampang ketika anda konfigurasi router mikrotik

Mungkin sudah banyak admin jaringan yang mengenal winbox, namun dalam artikel kali ini saya akan membahas beberapa tips yang sanggup di pakai ketika anda memakai apliaksi winbox supaya semakin maksimal ketika memakai apliaksi ini.


1. Remote Router dengan MAC Address dan IP Address 
Mikrotik sanggup di remote dengan memakai MAC Address ataupun IP Address, ketika remote memakai MAC Address sebaiknya di lakukan ketika pertama kali konfigurasi router alasannya belum mempunyai IP Address. Penggunaan IP address sebaiknya di gunakan ketika konfigurasi harian alasannya akan lebih stabil alasannya berbasis protocol tcp/ip.



2. Menggunakan fitur safe mode 
Saat melaksanakan konfigurasi tanpa sengaja kita melaksanakan kesalahan, sehingga menjadikan winbox putus koneksi, atau konfigurasi komplemen yang kita buat mengganggu konfigurasi router, untuk meminimalkan kesalahan kita sanggup memakai fitur "Safe Mode"


Saat tombol safe mode di tekan / aktif maka konfigurasi komplemen tidak akan tersimpan, meskipun winbox di close baik secara sengaja atau terjadi putus koneksi alasannya konfigurasi tambahan. Untuk menyimpan cukup klik tombol safe mode maka konfigurasi gres akan tersimpan.

3. Hide Password 
Fitur default dimana fitur ini akan menyembunyikan huruf orisinil yang di isikan sebagai password dalam beberapa konfigurasi menyerupai PPP secret, Wireless security profile, Hotspot. Jika ingin melihat huruf yang orisinil fitur hide sanggup di non aktifkan


Caranya tinggal uncek pada fitur hide password, namun pada sajian system --> user akan tetap di sembunyikan dengan mengganti huruf menjadi tanda bintang.

4. Dashboard 
Dashboard di gunakan untuk menampilkan beberapa isu seperti Time, Date, CPU load, memory, dan Uptime.
Untuk mengaktifkan sanggup anda klik kanan pada dashboard bab atas, beberapa isu yang di tampilkan secara realtime ketika router sedang berjalan.

5. Kolom Pada Winbox 
Pada tampilan kolom di winbox, kondisi default hanya menampilkan sedikti isu contohnya pada sajian DHCP Server. Anda sanggup menampilkan beberapa isu kolom dengan klik kanan pada bab tabel isu kemudian pilih "Show Columns". Tambahkan beberapa isu yang ada pada kolom untuk lebih gampang melaksanakan monitoring. Anda sanggup juga mengurutkan sorting isi dari kolom dari A-Z atau sebaliknya. 


6. Buka Tutup Parameter 
Saat melaksanakan konfigurasi kita sering membuka dan menutup parameter untuk hukum tertentu, kadang kita lupa menutup parameter yang kita buka baik itu terisi maupun tidak. Padahal router mikrotik akan menganggap parameter tersebut aktif sehingga hukum tersebut menajdi tidak sanggup jalan alasannya parameter sedang aktif. Untuk menghapus anda cukup klik panah kecil di sebelah kanan parameter jangan di hapus secara manual


7. Versi Winbox Loader 
Winbox mempunyai beberapa versi, ketika artikel di buat sudah ada versi 3.11 anda sanggup melihat versi tersebut pada bab atas.


RouterOS versi gres biasanya tidak di remote dengan winbox versi lama, anda sanggup cek update untuk mendapat winbox versi terbaru sanggup ke sajian tools --> Check for Updates kemudian lakukan upgrade ke versi baru, dengan syarat komputer terkoneksi internet, Winbox terbaru sanggup dipakai untuk semua versi RouterOS

8. File Management 
Untuk upload file dulu masih memakai sofware FTP, namun kini sanggup di lakukan dengan memakai winbox karea sudah di lengkapi fitur upload pada sajian file. Untuk mengambil file dari router sanggup di lakukan dengan klik kanan file kemudian download.


9. Cara Backup List 
Winbox loader sanggup melaksanakan penyimpanan data remote router, Caranya dengan menekan tombol Add/Set. Maka isu Router akan tersimpan pada tab Managed. Jika ingin melaksanakan remote ulang, tinggal double click pada daftar list router yang ingin di jalankan. 


Jika anda sudah mempunyai banyak list isu router, anda tinggal export import untuk list yang sudah ada di winbox loader sebelumnya kalau ingin di jalankan ke komputer/laptop yang lain.

10. Master Password 
Jika anda sudah mempunyai banyak list router pada winbox, hati hati kalau laptop/komputer anda di pakai orang lain, sebaiknya lakukan "set master password" untuk melindungi list winbox loader. Master password sanggup diaktifkan untuk melindungi list Router yang telah tersimpan. Untuk menjalankan list router kita harus mengisi "master password".


Mungkin cukup ini saja tips perihal winbox yang sanggup saya sampaikan, semoga tips ini mempunyai kegunaan bagi anda serta menambah pemahaman ketika menjalankan winbox.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Memakai Winbox Untuk Remote Router Mikrotik"

Posting Komentar