HTML

Cara Setting Bridge Mikrotik Groove52hpn

Groove A-52HPn mempunyai spesifikasi yg tidak mengecewakan baik dengan terintegrasi wireless yang bisa di gunakan sebgai server hotspot. Alat ini tidak memerlukan pigtail untuk antena luar, tinggal pasang plug and play. Mikrotik Groove mempunyai frekuensi 5 GHz dan 2.4 GHz tergantung mana yang ingin di pakai sesui kebutuhan. Saya menggunakan frekuensi 2.4 alasannya yaitu untuk kebutuhan perangkat mobile ibarat laptop maupun gadget.

Level lisensi perangkat ini mempunyai level 4, level dasar untuk MikroTik dengan kemampuan AP. Untuk sebuah permulaan perjuangan hotspot, sudah sangat mencukupi, alasannya yaitu level 4 sanggup menangani sampai 200 user aktif. Bagi yang mempunyai perjuangan RTRW NET bisa menggunakan alat ini, alasannya yaitu memang cukup terjangkau. Kalau untuk pelanggan sekitar 15 User sudah lebih dari mencukupi, bisa di tembak dengan perangkat WiFi lain yang mempunyai frekuensi yang sama yakni 2.4 GHz.

KELENGKAPAN PERANGKAT
Mikrotik Groove A-52HPn  ketika gres beli di lengkapi 1 unit, Antena external kurang lebih  20 cm 1 unit, adaptor 1 unit, konektor PoE 1 unit. 

DAYA JANGKAU
Daya jangkau sekitar 100 Meter, tergantung dari klient dan perangkat AP yang lain, Jika di tembak dengan perangkat WiFi menggunakan antena pemanis 1 Km mungkin masih bisa di tangani. Kalau di gunakan untuk Point To Point menggunakan antena Grid kemungkinan Jarak 3 Km masih bisa tembus.

Keterangan dari gambar topologi diatas
1. Modem Indihome dengan IP 192.168.1.254
2. Ether1 ke Modem indihome dengan IP 192.168.1.1
3. Ethet2 Ke Swicth dengan IP 192.168.10.1
4. Ether3 Ke Mikrotik Groove52hpn di Atas Tiang dengan IP 10.10.1.254
5. Mikrotik Groove52hpn Ether1 DHCP Client. Mendapatkan IP dari ether3 di Routerboard bawah.

Berikut langkah konfigurasinya Mikrotik Groove52hpn
1. Konfigurasi IP Dhcp Client
IP-->DHCP Client-->+ Interface Ether1


Dari sini bisa kita lihat, Mikrotik Groove52hpn mendapat IP Dhcp Client 10.10.1.17/24

2. Membuat interface bridge dengan nama ether1+Wlan
Bridge -->+ Pada Tab bridge


Klik pada Tab Ports, Silahkan di tambahkan masing masing interface ether1 dan wlan1




3. Konfigurasi parameter interface Wireless, jangan lupa interface wireless di enable dulu semoga bisa di konfigurasi.


Demikianlah cara konfigurasi bridge mikrotik groove52hpn, untuk konfigurasi pada router board dan komputer Client belum aku bahas, alasannya yaitu artikel ini fokus pada konfigurasi mikrotik groove52hpn. Sekian semoga berkhasiat tutorial ini dan bisa menambah pengetahuan kita dalam konfigurasi Mikrotik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Setting Bridge Mikrotik Groove52hpn"

Posting Komentar