HTML

Cara Mengatasi Layar Laptop Blank Hitam Tapi Hidup



Mungkin anda pernah mengalami dikala menghidupkan laptop dikala proses booting masuk ke Windows datang tiba layar laptop blank berwarna hitam, sehingga proses booting menjadi terganggu balasannya kita tidak bisa masuk ke sistem operasi. Kondisi ibarat ini sering terjadi, meskipun laptop dalam keadaan hidup baik kipas, hardisk, lampu indikator power dll. Kadangkala problem tersebut bisa juga problem sepele namun juga bisa serius, tergantung dari faktor penyebabnya namun anda jangan panik terlebih dahulu, bila tidak menguasai bisa di bawa ke service center atau reparasi laptop terpercaya di kota anda.

Jika anda ingin mengetahui penyebabnya sebelum ke tukang service laptop, ada baiknya baca tutorial kali ini, meskipun laptop belum bisa di operasikan sementara waktu asalkan anda tahu caranya mungkin bisa mengatasi cara penanganannya dengan tepat, laptop akan berfungsi normal ibarat semula.

Saya akan membagikan beberapa tips langkah langkah cara menuntaskan problem laptop yang blank hitam, tips berikut ini bisa anda lakukan.

1. Cek layar monitor
Anda bisa lakukan yakni mengecek layar monitor dengan cara menggunakan layar monitor eksternal punya komputer, dengan menghubungkan port VGA atau Port HDMI. Jika pada layar eksternal muncul dan menampilkan dengan normal berarti sumber problem pada layar laptop anda. Cara terbaik anda harus membawa ke service center atau ke tukang service laptop semoga di tangani oleh orang yang lebih berpengalaman.

2. Memeriksa resolusi layar
Mungkin anda pernah mengatur resolusi layar monitor yang lebih tinggi dari kemampuan laptop, hal ini bisa menyebabkan layar menjadi blank terutama dikala layar monitor dengan spesifikasi rendah. Untuk mengatasi anda harus masuk ke mode safe mode terlebih dahulu pada dikala menyalakan laptop, sesudah itu anda perbaiki setingan resolusi layar tersebut.

3. Update driver sofware VGA
Penggunaan driver yang terlalu tua, dibarengi dengan hardware yang gres bisa menyebabkan problem itu timbul, Driver yang usang akan menyebabkan crash dan muncul blank untuk mengatasi hal tersebut anda bisa update atau download driver keluaran terbaru di vendor VGA yang anda gunakan.

4. Matikan arus listrik
Anda bisa mematikan laptop terlebih dahulu dengan menekan tombol power beberapa detik hingga laptop benar benar mati, selanjutnya lepas baterai laptop kira kira 1 jam kemudian pasang kembali. Selanjutnya nyalakan laptop tunggu hingga proses booting dan masuk ke OS windows yang anda pakai. Jika kembali normal kemungkinan ada jadwal yang crash alasannya yaitu tidak di matikan secara sempurna. Cara ibarat ini tidak berlaku kalau anda menggunakan laptop yang slim dan menggunakan batrei tanam yng tidak bisa di lepas.

5. Menghapus CMOS
Saat anda melaksanakan konfigurasi BIOS yang salah bisa menjadi penyebab sehingga laptop tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Anda bisa reset CMOS ke kondisi default dengan melepas baterai CMOS sebentar kira kira 5-10 detik kemudian pasang kembali. Untuk melepas baterai CMOS anda harus melepas casing laptop. Saat baterai CMOS di lepas maka konfigurasi BIOS akan kembali ibarat sedia kala dalam kondisi default.

6. Overheating panas berlebih
Masalah overheating bisa menjadi penyebab, kalau hal ini di biarkan maka kerusakan terburuk akan terjadi pada laptop anda. Pastikan anda rutin membersihkan laptop dari kotoran debu yang ada pada komponen laptop kususnya processor dan kipas pendingin. Jika laptop sudah di pakai terlalu usang pastikan matikan hingga komponen laptop menjadi hambar dan sanggup beroperasi secara normal kembali.

7. Menghapus aplikasi yang tidak kompatibel
Sofware aplikasi yang tidak kompatibel dengan spesifikasi laptop justru akan meneyabkan blank, silahkan hapus aplikasi yang kira kira tidak kompatibel tersebut, anda bisa masuk ke safe mode dan uninstall aplikasinya. Setelah uninstall final anda kembali masuk ke mode normal, silahkan cek apakah laptop bisa beroperasi secara normal tanpa blank screen.

8. Periksa RAM
Masalah RAM juga bisa menjadi penyebab anda bisa melaksanakan perbaikan semoga bisa berfungi dengan baik. Untuk melepas RAM anda harus mencabut semua power termasuk baterai, power adaptor, kabel printer, speaker ekternal dll. Usahakan tidak ada arus listrik yang masuk ke laptop. Buka casing belahan belakang laptop, kalau terlihat RAM dalam kondisi kotor silahkan di lepas dan bersihkan. Jika RAM sudah di bersihkan namun masih tetap blank bisa jadi RAM rusak, anda bisa mencoba RAM lain dengan sepesifikasi yang sama di pasang pada laptop anda.

Itulah beberapa tips yang bisa saya tulis, semoga insiden ibarat ini tidak terulang pada laptop yang anda gunakan, jadi mengetahui penyebab kerusakan sangat penting semoga kita tahu kondisi laptop yang di gunakan. Jika dirasa ragu anda bisa konsultasi ke teknisi yang lebih ahli, semoga artikel ini berkhasiat selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Layar Laptop Blank Hitam Tapi Hidup"

Posting Komentar