HTML

Cara Mengenali Penyakit Umum Pada Burung

Sebagai pemilik burung, penting untuk meragukan penyakit tertentu yang umum pada spesies burung. Meskipun perawatan burung ibarat burung kutilang, burung beo, dan burung kekasih sebagian besar merupakan proses yang relatif sederhana dan menyenangkan, mengetahui bagaimana mengenali ketika hal-hal yang tidak benar akan membantu mencegah terjadinya penyakit serius dan penyakit.

 penting untuk meragukan penyakit tertentu yang umum pada spesies burung Cara Mengenali Penyakit Umum pada Burung

Burung sangkar sering tidak memperlihatkan tanda-tanda kesusahan hingga suatu penyakit menjadi berbahaya, jadi memantau setiap perubahan sikap yaitu penting. Beberapa penyakit unggas yang paling umum pada unggas sangkar mencakup kanker, bisul bakteri, ketidakseimbangan hormon, dan defisiensi nutrisi. Penyakit yang lebih spesifik termasuk Proventricular Dilatation Disease (PDD), yang umumnya menyerang burung beo. Materi di bawah ini merinci daftar penyakit unggas umum dan cara mengenali gejalanya sebelum terlambat.

Psittacosis, atau "Demam Burung Beo"

Psittacosis yaitu bisul basil yang disebabkan oleh basil yang disebut chlamydophila psittaci. Gejala bisul termasuk kesulitan bernafas, lesu, tinja berlendir, dan mata murung. Tagihan hook paling sering terkena bisul ini.

Jika didiagnosis menderita psittacosis, burung Anda kemungkinan akan diberi antibiotik. Jika bisul ditangkap cukup awal, sebagian besar burung sanggup bertahan hidup. Jika Anda melihat gejala-gejala ini, segera hubungi dokter binatang setempat.

Proventricular Dilatation Disease (PDD)

Penyakit ini, paling umum pada burung beo dan macaw, mensugesti sistem saraf dan sistem pencernaan. Gejala penyakit ini termasuk makanan yang tidak tercerna dalam tinja, ketidakmampuan untuk hinggap atau terbang, tremor dan kejang jantung, gangguan lambung, dan depresi.

Jika Anda melihat salah satu dari gejala-gejala ini, segera bawa burung Anda ke dokter hewan. Karena penyakit ini menular, penting untuk mengisolasi burung yang terinfeksi dikala didiagnosis. Seekor burung yang dites nyata kemungkinan akan menjalani diet khusus dan kemungkinan steroid.

Psittacine Beak dan Feather Disease (PBFD)

PBFD yaitu penyakit yang cukup serius yang menekan sistem kekebalan burung, menyebabkan kerentanan terhadap penyakit dan bisul lainnya. Semua spesies nuri rentan terhadap penyakit ini, termasuk macaw, nuri abu-abu Afrika, dan budgies.

Penyakit ini ditandai dengan hilangnya bulu, terhentinya perkembangan bulu pada burung muda, pertumbuhan paruh yang abnormal, dan lesi kulit.

Infeksi pada Burung Sangkar

Sangkar burung rentan terhadap bisul ragi, yang ditandai dengan bintik-bintik putih di verbal dan paruh dan kotoran yang tidak normal. Infeksi ragi sangat umum terjadi pada burung sangkar muda.

Infeksi ragi pada burung cukup gampang diobati. Jika burung Anda didiagnosis menderita bisul jamur, mereka kemungkinan akan diberi obat antijamur hingga gejalanya mereda.

Defisiensi Nutrisi pada Burung

Jika burung Anda mempunyai contoh makan yang sehat dan secara teratur mengonsumsi komplemen gizi, kemungkinan mempunyai kekurangan yaitu langsing tetapi tidak diberantas. Jika burung Anda kekurangan nutrisi ibarat kalsium atau Vitamin A, mereka mungkin mengalami kejang dan kesulitan bernapas.

Untuk menghindari kekurangan gizi, pastikan Anda memberi makan burung Anda jenis makanan yang sempurna menurut spesies mereka. Diet pelet umumnya menawarkan lebih banyak nutrisi daripada diet berbasis biji.

Giardia

Giardia yaitu penyakit protozoa yang umumnya menyerang burung. Jika burung Anda mengalami diare atau kulit kering, mereka mungkin menderita giardia. Burung-burung dengan giardia sering mengambil dan gatal-gatal di kulit mereka atau bahkan mencabut bulu mereka sendiri untuk menghilangkan rasa gatal.

Giardia sanggup disembuhkan dan dikendalikan dengan obat-obatan dan kebersihan yang tepat. Meskipun giardia sanggup ditularkan dari mamalia ke manusia, namun pada umumnya tidak menyebar dari makhluk unggas ke manusia.

Tanda-tanda Burung yang Sehat

Walaupun mungkin sulit untuk mendeteksi penyakit pada burung, cukup gampang untuk mengetahui kapan burung itu senang dan sehat. Tanda-tanda burung yang sehat termasuk menggelengkan kepala, ganti kulit, dan kemungkinan tukik. Jangan khawatir jikalau Anda melihat bahwa burung Anda telah menumpahkan banyak bulu burung ke dalam kandang; ini biasanya berarti bahwa bulu gres akan tumbuh kembali sehat dan bersemangat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengenali Penyakit Umum Pada Burung"

Posting Komentar