HTML

Cara Memasang Widget Fanspage Dan Goolge Plus Di Blog


Cara Memasang Widget Atau Gadget Di Blog - Intinya jikalau anda seorang blogger yang lebih mementingkan pengunjung, maka anda akan menciptakan navigasi yang mempermudah pengunjung saat berkunjung dengan memasang widget di blog.

Sebenarnya apa sih widget atau gadget itu ?

Pada awalnya widget tersebut lahir pada kala world wide web, pada awal kemunculannya widget atau gadget hanya di gunakan untuk memasang iklan pada blog..

tapi semakin berkembangnya internet, maka widget juga berkembang lebih menarik yang berkhasiat untuk menghiasi blog..

Widget atau istilah lainnya gadget ialah sebuah kumpulan isyarat HTML dan javascript yang biasa di tempelkan di blog..

kumpulan script code tersebut akan membentuk sesuatu menyerupai jam digital, ,kursor unik, ikan ikanan, artikel terkait, fanspage facebook, google plus dan lain lain..

biasanya widget tersebut di pasang pada hidebar, sidebar, atau footer tergantung tema yang anda gunakan di blog..
Baca: Cara menciptakan sitemap responsive di blog
Dulu para blogger berlomba lomba menciptakan widget tersebut dan memasangnya di blog semoga blog terlihat elok dan yummy dilihat..

tapi setidaknya, semenarik dan seindah apapun tampilan blog jikalau tidak didukung dengan kecepatan loading yang cepat maka siapa pun akan merasa malas..

hindari menciptakan dan memasang widget yang memberatkan loading blog anda, salah besar jikalau anda lebih mementingkan tampilan tanpa memikirkan kecepatan loading blog..

Cara Memasang Widget Fanspage Faebook Di Blog

Jika anda salah satu pemilik blog yang mencicipi bahwa widget fanspage facebook atau google plus sangat menghipnotis kecepatan blog, maka anda wajib membaca artikel ini..

didalam artikel ini saya akan bahas cara memasang widget di blog seakan akan blog tersebut tidak memakai widget alasannya ialah berdasarkan saya proses menampilkannya tergolong sangat cepat..

Saya sendiri memakai cara berikut alasannya ialah template yang saya gunakan ialah sebuah template AMP (Accelerate Mobile Page) yang mengharuskan saya dihentikan menciptakan script yang memiliki load yang lambat..

Sebenarnya sangat gampang sekali menciptakan atau memasang widget ini alasannya ialah sebelumnya saya sudah menciptakan sebuah halaman fanspage facebook dengan script HTML dan Javascript..

jadi cara memasangnya anda hanya perlu memanggil fungsi yang sudah di buat tersebut..

jikalau anda tertarik ikuti langkahnya..

1. Pertama menyerupai biasa anda harus login ke akun blogger.com masing-masing
2. Lihat hidangan di samping kiri dan pilih Tata Letak > Tambah Gadget



3. Selanjutnya silahkan anda pilih HTML/Javascript dan isi bab Konten dengan script code di bawah ini

<amp-iframe  width="300"  height="450"  sandbox="allow-scripts allow-same-origin allow-popups" frameborder="0"  scrolling="no" src="https://cdn.rawgit.com/ardycool/ardy-cool/863ef728/fbfanspage.html?page=ijogadingAC"> </amp-iframe>

Copy dan pastekan pada bab konten dan jangan lupa untuk IjogadingAC di ganti dengan nama fanspage facebook anda..

Jangan lupa juga simpan dan reload halaman blog anda, jikalau script nya berhasil maka akan menghasilkan tampilan menyerupai dibawah ini..



Setelah jawaban menciptakan fanspage, maka mari kita bahas cara memasang widget google plus di blog yang tentunya tidak kalah cepatnya...

Cara Memasang Widget Google Plus Di Blog

Jika anda juga tertarik untuk memasang profile google plus di blog maka dibawah ini cara yang saya gunakan sedikit berbeda..

jikalau ingin memasang fanspage facebook anda tinggal memanggil fungsinya saja..

tapi jikalau google plus anda harus menciptakan sebuah file .html terlebih dahulu yang didalamnya berisi script code yang dapat menampilkan profil google plus anda..

1. Langkah pertama buka code editor script dan buat new file, dapat memakai notepad, notepad++ atau codelobster
2. Copy script di bawah ini dan pastekan di editor tersebut

<!DOCTYPE html> <html> <head> <meta charset="utf-8"> <title>Google Plus Followers</title> <meta content='width=device-width, initial-scale=1' name='viewport'> <link href='https://fonts.googleapis.com/css?family=Roboto:100,200,300,400italic,400,500,500italic,700,700italic,900' rel='stylesheet' type='text/css'/> <style> body {   background-color:transparent;   margin:0;   padding:0;   color:#212121;   font-family:Roboto,Arial,sans-serif; } a {   color:#212121;   text-decoration:none; } a:hover {color:#0379C4} iframe{border:0} </style> </head> <body> <div class='g-plus' data-action='followers' data-height='240' data-href='https://plus.google.com/116197212230324001453&#039; data-source='blogger:blog:followers' data-theme='DARK' data-width='280'></div> <script src="https://apis.google.com/js/platform.js" async defer></script> </body> </html> 

Jangan lupa untuk mengganti bagian https://plus.google.com/116197212230324001453 dengan url profil google plus anda

3. Setelah itu simpan file yang di buat dengan format .html (gplus.html)
4. Langkah selanjutnya anda harus upload file .html yang sudah dibentuk ke akun github masing masing.

untuk langkah langkah cara upload file di github mungkin anda dapat cari caranya di internet.

Cara uploadnya cukup gampang kq..

5. Setelah anda upload file tadi ke akun github, silahkan copy url file tersebut..
Contoh url : https://github.com/ardycool/ardy-cool/blob/master/gplus.html
6. Sekarang anda tinggal mengganti url tersebut semoga script code yang kita buat tadi dapat di proses oleh browser dengan cara masuk ke situs rawgit.com



Paste link url file di github tadi di situs tersebut dan ambil hasil nya pada kolong Use this URL in production
Contoh : https://cdn.rawgit.com/ardycool/ardy-cool/45a2a9f4/gplus.html
7. Setelah melaksanakan proses yang cukup panjang, kini anda tinggal memanggil url tersebut dan siap dipakai di blog dengan cara copy script di bawah ini dan paste ke dalam widget (kembali ke langkah 2 cara menciptakan widget fanspage facebook)

<code>

jikalau anda berhasil, maka tampilannya menyerupai di bawah ini..

gambar

cara menciptakan atau memasang widget di atas tersebut telah banyak di gunakan oleh blog blog yang memakai template AMP alasannya ialah tergolong tidak memberatkan blog..
Baca: Cara menghias goresan pena artikel di blog
untuk anda pengguna non-amp tentu dapat mencoba cara yang saya yakin berhasil..

alasannya ialah beberapa teman yang mengikuti cara di atas telah berhasil memasang widget facebook atau google plus di blog mereka yang non-amp..

hingga disini jikalau ada pertanyaan perihal langkah langkah memasang widget di blog di atas dapat pribadi komen di bawah ya..

dengan bahagia hati saya akan membalas dan membantu anda untuk memasang widget fanspage facebook dan google plus di blog..

semoga bermanfaat dan happy blogging 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memasang Widget Fanspage Dan Goolge Plus Di Blog"

Posting Komentar