HTML

4 Teknik Dalam Mengatur Finansial Rumah Tangga


Manusia tidak lepas dari keperluan sehari-hari yang membutuhkan perkiraan cukup besar. Apalagi andai sudah menikah dan punya anak, keperluan rumah tangga kian banyak. Dana yang dibutuhkan pun bisa buat pusing kepala. Agar seluruh keperluan terpenuhi, Anda mesti pintar menata keuangan.
Tidak gampang mengatur finansial rumah tangga. Butuh keterampilan khusus supaya pendapatan yang diperoleh lumayan untuk memenuhi keperluan selama 1 bulan. Tanpa teknik ini, gaji bulanan hanya numpang lewat saja. Hal ini sering terjadi pada pasangan yang baru menikah, bahkan barangkali termasuk Anda. Masih terbawa gaya hidup sewaktu masih bujang.

8  4 Teknik Dalam Mengatur Finansial Rumah Tangga

Si istri maunya beli perabot rumah tangga baru, sementara suami hendak beli mobil atau motor. Kebayangkan pusingnya laksana apa? Sementara masih tidak sedikit kebutuhan lain yang lebih penting, misalnya membayar ongkos sekolah anak. Akhirnya pengeluaran menjadi tidak terkontrol dan darurat utang sana sini.
Dikutip dari berita ekonomi, ada beberapa teknik mengatur finansial rumah tangga supaya pendapatan dan pengeluaran seimbang, bahkan dapat menabung atau investasi guna masa depan. Cara itu antara lain:
1. Kalkulasi semua pendapatan
Langkah mula mengatur finansial rumah tangga ialah menjumlah seluruh penghasilan yang diperoleh, baik dari gaji bulanan, upah lembur, pendapatan tambahan, hingga imbal hasil investasi. Tujuannya untuk memahami seberapa besar duit yang dapat dianggarkan untuk setiap kebutuhan, yakni keperluan primer, sekunder, dan tersier. 
2. Susun rencana pengeluaran prioritas dalam sebulan
Setelah mengkalkulasi pendapatan, tuliskan rencana pengeluaran lokasi tinggal tangga dari mulai yang terpenting alias prioritas. Mulai dari pengeluaran santap dan minum, transportasi, menunaikan tagihan listrik, air, sewa rumah, angsuran utang atau kartu kredit, dan ongkos rutin lain.
3. Alokasikan guna tabungan, asuransi, dan investasi
Sisihkan 25-30% dari total penghasilan untuk tabungan, asuransi, dan investasi. Misalnya 10% guna tabungan, 5% untuk menunaikan premi asuransi kesehatan, dan 15% guna investasi. Ketiganya mempunyai guna masing-masing. Tabungan dapat digunakan untuk melakukan pembelian rumah, membayar kebutuhan tak terduga, dan lainnya.
Sementara kesehatan terlindungi asuransi, dan investasi berfungsi untuk memutar, sampai-sampai tidak berakhir begitu saja. Bahkan tidak sedikit orang memilih investasi untuk memperbanyak uang. Jika kita seorang pemula, pilih investasi modal kecil, risiko rendah, tapi deviden maksimal, laksana investasi emas, reksa dana. Sekarang pun ada pendanaan fintech peer to peer lending (p2p). 
4. Siapkan dana cadangan 
Kebutuhan yang satu ini pun tak kalah penting. Alokasikan perkiraan untuk dana cadangan atau dana darurat. Dana cadangan ini dipakai untuk kebutuhan mendesak. Dana cadangan sifatnya bebas, dengan kata lain Anda dapat menyisihkan berapa pun guna pos ini. Dalam urusan ini, Anda butuh komitmen tak bakal mengusik dana cadangan bila tidak ada kebutuhan mendesak hingga akhir bulan. Kecuali kita mau memakai dana ini guna investasi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Teknik Dalam Mengatur Finansial Rumah Tangga"

Posting Komentar