HTML

Pengertian Bioteknologi Modern Dan Konvensional

Bioteknologi berasal 2 kata yaitu Bio berarti hidup (dalam bahasa ilmu biologi)  dan Teknologi berarti "benda-benda yang diharapkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia". Secara utuh Bioteknologi diartikan sebagai teknologi hidup. Apa maksud-nya teknologi hidup? Mari kita simak klarifikasi dan pola bioteknologi berikut ini.

Hasil kombinasi antara biologi dan teknology telah menghasilkan sebuah cabang ilmu baru, yaitu ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana cara memanfaatkan makhluk hidup ibarat jamur,bakteri, virus dan sebagainya yang sanggup dimanfaatkan untuk kemaslahatan kehidupan manusia di bumi ini.

Dimasa sekarang, ilmu bioteknologi sudah sangat berkembang pesat yang pada awalnya hanya "Bioteknologi konvensional" saja. Kemajuan dan penerapan bioteknologi kini sudah merambah pada bioteknologi pertanian, bioteknologi pangan dan bioteknologi modern.


Pengetian Bioteknologi modern


Bioteknologi modern ialah jenis ilmu bioteknologi yang memakai alat-alat modern dan bersifat sangat kecil sekali (halus) Bioteknologi modern mempunyai ciri-ciri yaitu dengan memanfaatkan teknologi DNA rekombinan. Salah satu pola Bioteknologi modern ialah memanfaatkan basil E.Coli untuk mem-perbanyakan hormon insulin bagi penderita diabetes sehingga kadar gula darahnya sanggup dikurangi.

Pada intinya, bioteknologi sudah memanfaatkan teknologi penyambungan dan pemotongan dna dari suatu virus atau basil untuk digabung dengan makhluk hidup lainnya biar lebih bermanfaat.

Beberapa pola lain bioteknologi modern adalah: Bayi tabung, Produksi hormon pertumbuhan insan (Growth Hormon), Antibiotik, Vaksin Malaria, Hormon BST, Hewan Transgenik, Tanaman Tahan hama, dan Domba Dolly.

Pengertian Bioteknologi konvensional


Bioteknologi konvensional ialah penerapan ilmu bioteknologi dengan memanfaatkan makhluk hidup secara pribadi untuk mengubah kandungan gizi dari suatu produk. Praktek "Bioteknologi konvensional" tergolong gampang untuk dilakukan di rumah-rumah.

Contoh Bioteknologi konvensional adalah: Permentasi tempe,  Pembuatan kecap,  Pembuatan oncom dan Pembuatan tape (Permentasi).


Bioteknologi Pada Sektor Pertanian


Praktek penerapan Bioteknologi pada bidang pertanian adalah: Pembuatan kompos atau biogas, kompos ialah salah satu produk bioteknologi pertanian sederhana, sedangkan pembuatan tumbuhan transgenik, kultur jaringan, biopestisida merupakan pola dari bioteknologi pertanian yang sudah modern.

Contoh lain: Pembuatan tumbuhan hidroponik juga berkat ilmu dari bioteknologi pertanian, Tanaman-tanaman hidroponik mempunyai keunggulan seperti" "tidak membutuhkan lahan yang luas dan tumbuh lebih cepat".

Baca Juga: Perkembangan Bioteknologi dari Waktu ke waktu

Demikian, klarifikasi yang sanggup admin sampaikan mengenai pengertian bioteknologi, bioteknologi modern, bioteknologi konvensional hingga ke bioteknologi pada bidang pertanian. Semoga bermanfaat dan hingga jumpa.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Bioteknologi Modern Dan Konvensional"

Posting Komentar