HTML

Defenisi Perbedaan Filsafat Dan Filosofis

Sahabat tentu sudah benyak mendengar tentang filosofi dan filsafat. Kedua kata ini mirip cempedak dan nangka, seakan-akan tapi tak sama. Apakah perbedaan filsafat dan filosofi itu? Nah, untuk mengetahui perbedaan filosofi dan filsafat secara jelas, mari kita simak defenisi filsafat dan defenisi filosofi berikut ini.

Apa yang di maksud Filsafat ?


Filsafat adalah studi wacana seluruh fenomena kehidupan dan aliran insan secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Filsafat tidak didalami dengan melaksanakan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan problem secara persis, kemudian mencari solusi untuk itu, Memberikan sebuah argumentasi dan alasan yang sempurna untuk solusi tertentu. Akhir dari proses-proses itu dimasukkan ke dalam sebuah proses dialektika.

Untuk studi falsafi, mutlak diharapkan logika berpikir dan logika bahasa. Logika merupakan sebuah ilmu yang sama-sama dipelajari dalam matematika dan filsafat.

Hal itu menciptakan filasafat menjadi sebuah ilmu yang pada sisi-sisi tertentu berciri eksak di samping nuansa khas filsafat, yaitu spekulasi, keraguan, rasa ingin tau dan ketertarikan.

Filsafat juga sanggup berarti perjalanan menuju sesuatu yang paling dalam, sesuatu yang biasanya tidak tersentuh oleh disiplin ilmu lain dengan perilaku skeptis yang mempertanyakan segala hal.

Apa perbedaan filsafat dan filosofis?

Definisi filsafat berdasarkan beberapa ilmuwan antara lain:

1. PLATO (Nama Seorang Ilmuan)
Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang berminat untuk mencapai kebenaran yang asli artimya kebenaran yang telah dibuktikan secara nyata.

2. ARISTOTELES (Nama Seorang Ilmuan)
Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang mencakup kebenaran di dalamnya ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik, estetika.

3. DESKARTES (Nama Seorang Ilmuan)
Filsafat adalah kumpulan dari segala pengetahuan dimana Tuhan, alam dan insan sebagai bidang penelitian.

4. IMMANUEL CANT (Nama Seorang Ilmuan)
Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang menjadi pangkal pokok dari segala pengetahuan.

5. AL FARABI (Nama Seorang Ilmuan)
Filsafat adalah pengetahuan wacana alam maujud bagaimana hakikat, Sedangkan Filosofi yaitu ilmu yang menjadi penuntun untuk pelaksanaan atas pemahaman yang menjadi keyakinan tiap-tiap individu maupun kelompok. Filosofi merupakan kebenaran yang diperoleh melalui berpikir logis, sistematis, metodis (metode).

Jawaban lain : Definisi filsafat:


Studi wacana arti dan berlakunya kepercayaan atau pengetahuan insan pada sisi yang paling dasar dan universal. Diambil dari bahasa Yunani; Φιλοσοφία philosophia.

Sedangkan filosofi merupakan serapan dari bahasa Yunani yaitu (philia = persahabatan, cinta dsb) dan (sophia = kebijaksanaan)

Sehingga perbedaan filsafat dengan filosofis yaitu: filsafat merupakan sebuah studi (ilmu). Sedangkan filosofis yaitu segala hal yang berkaitan dengan kecintaan atas budi (segala yang berkaitan dengan filsafat).

Nah, dari semua pendapat para hebat mengenai defenisi filsafat dan filosofi diatas, sobat borisinil tentu sudah mengerti mengenai perbedaan dua kata "Filosifi & Filsafat" diatas. Thanks you for reding.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Defenisi Perbedaan Filsafat Dan Filosofis"

Posting Komentar