HTML

Mengenal Link Nofollow Dan Dofollow

Link Nofollow & Dofollow - Pada teknis SEO khususnya untuk para blogger mungkin Anda sering menemukan istilah NoFollow dan DoFollow. Apa arti dari istilah itu? dalam goresan pena ini saya akan kupas tuntas kedua istilah tersebut dalam bahasa yang ringan dan sederhana.

Ketika kita berbicara mengenai SEO (search engine optimization) terkadang kita sering menemukan istilah nofollow, dofollow, meta tag, robot dan lain-lain. Semua istilah tersebut merupakan istilah-istilah yang berkaitan dengan teknik-teknik SEO. Dalam postingan ini saya akan menjelaskan perihal nofollow dan dofollow khusus untuk pemula yang gres untuk SEO atau orang-orang yang masih belum terang perihal nofollow atau dofollow.

Nofollow ialah suatu nilai dari atribut HTML yang menandakan atau menjelaskan ke beberapa mesin pencari untuk tidak mengikutkan hyperlink ke dalam indeks dan tidak menghipnotis link sasaran di hasil pencarian mesin pencari. Nofollow digunakan untuk mengurangi kegiatan spam pada mesin pencari, sehingga akan menurunkan kualitas dari hasil pencarian mesin pencari. Ini ialah konsep yang diperkenalkan oleh kepala webspam Google Matt Cutts dan Jason Shellen pada tahun 2005.

Secara sederhana pengertian nofollow ialah menawarkan klarifikasi supaya crawler mesin pencari tidak mengikuti links yang diberikan atribute nofollow. Biasanya tag ini digunakan untuk mencegah komentar-komentar spam di indeks oleh mesin pencari sehingga akan menurunkan kualitas halaman pada web atau blog tersebut, alasannya link yang keluar dari halaman web tidak akan di saluran oleh crawler mesin pencari jikalau menemukan attribute nofollow pada halaman web tersebut. Penggunaan nofollow ini bukan berarti akan mencegah atau memblok konten halaman di indeks oleh crawler mesin pencari. Berikut aplikasi penggunaan tag nofollow

<a href="http://namabloganda.com" rel="nofollow">Nama Tautan</a>
<a href=http://bisnisonlinetop1.blogspot.com rel="nofollow">Langkah Awal Bisnis Online</a>

Link Dofollow merupakan kebalikan dari nofollow yaitu dimana link yang menggunakan attribute dofollow akan mengizinkan google atau semua mesin pencari  untuk mengikuti link tersebut. Sehingga akan menawarkan backlink dari web atau blog yang menggunakan attribute dofollow. Jika seorang webmaster atau admin blog menerapkan dofollow maka merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada pengunjung untuk mendapat backlink dari web tersebut sehingga lebih dikenal dengan sebutan "link friendly" atau menawarkan cinta dan persahabatan seseorang dalam bentuk link :).

Biasanya  penggunaan tag dofollow pada website akan rentan dengan komentar-komentar spam. Dofollow ialah memungkinkan kata kunci dalam anchor text terindeks dalam hasil pencarian di mesin pencari. Ini berarti ketika anda menghubungkan ke setiap situs web atau halaman, gunakan kata kunci yang ditargetkan sebagai anchor teks. Namun perlu juga dingat untuk menawarkan komentar yang relevan dengan isi konten pada halaman web tersebut.

Berikut ini ialah aplikasi penggunaan Dofollow

<a href="http://namabloganda.com">Nama Tautan</a>
<a href=http://bisnisonlinetop1.blogspot.com>Langkah Awal Bisnis Online</a>

Sebuah history dari istilah NoFollow

Sebelum tahun 2005 disaat Blogger.com atau Blogspot mulai ngetop sebagai media blog paling banyak digunakan oleh sebagian besar blogger untuk ngeblog kedua istilah tersebut tidak pernah terdengar sama sekali. Hal ini justru berkembang pasca dunia blog mulai berkembang semenjak dikala itu.

Dikatakan sebuah blog apabila sebuah halaman website atau personal homepage (istilah zaman dulu) untuk orang-orang yang mempunyai halaman website eksklusif untuk menuliskan banyak hal di internet. Saat itu kita kebanyakan menggunakan media buku tamu untuk sanggup berinteraksi, menawarkan komentar dan bertanya. Dari istilahnya saja sudah salah kaprah yaitu buku tamu (guest book). Sejak adanya Blogspot maka muncul metode gres dalam melaksanakan interaksi dalam berekspresi mengungkapkan sesuatu melalui media yang namanya blog.

Setelah platform Blogspot keluar mulai banyak bermunculan media blog lain menyerupai TypePad, Live Journal, WordPress dan lain sebagainya dan mulailah dunia per-blog-an (blogosphere) booming didunia maya. Mulai banyak orang melaksanakan interaksi dalam setiap halaman blog yang dimiliki oleh orang lain, sampai-sampai bukan manusiapun ikut-ikutan nimbrung, siapa itu? ia ialah bot spam. Bot spam ialah sebuah aktivitas komputer yang menjalankan perintah yang telah diprogram untuk melaksanakan spam. Spam pertama kali terkenal untuk istilah pada e-mail, lembaga diskusi dan akibatnya sampailah juga di kerajaan blog.

Kaitan NoFollow dan DoFollow dengan Paga Rank


Sejak google menjadi search engine nomor satu hingga dikala ini mulailah muncul istilah Page Rank (PR). PR ialah ukuran atau level atau tingkatan kepopuleran sebuah halaman web baik itu website maupun blog. Google dan juga search engine lain menyerupai Yahoo dan Bing melaksanakan kalkulasi PR menggunakan keterkaitan antara satu halaman web dan halaman web yang lain atau blog satu dan blog kedua. Semakin banyak tautan (link) yang terjadi antara halaman-halaman web tersebut maka akan dikalkulasikan oleh mesin pencari tersebut. Nah disinilah mulai munculnya masalah, yaitu tidak validnya dan tidak benarnya mesin pencari tersebut dalam melaksanakan penilaian.

Apa saja evaluasi mesin pencari menyerupai Google untuk merubah sebuah PR dari blog kita? inilah diam-diam terbesar dari mesin cari tersebut. Google sendiri tidak pernah merilis dalam bentuk apapun dari bagaimana mereka melakukannya, ya namanya juga diam-diam tentunya masuk akal saja mereka tidak mau mengungkapkan itu secara umum. Tetapi dalam banyak seminar dan tertulis di blog resmi Google sendiri menyatakan bahwa salah satu hal yang terpenting ialah kesamaan dari topik yang berkenaan. Artinya hanyalah blog-blog yang sejenis yang akan mereka nilai mempunyai peringkat yang khusus sedangkan untuk blog yang tidak berkaitan sama sekali dengan blog kita misalkan tidak akan mendapat evaluasi khusus dari mereka.

Sedikit dongeng tersebut yang menimbulkan banyak orang mulai melaksanakan spam pada komentar yang mereka tinggalkan di blog dan asiknya semua berformat DoFollow. Ini berarti apapun tautan yang mereka letakkan disana akan dinilai oleh Google sebagai sebuah parameter penting untuk meningkatkan PR. Sudah paham sekarang? alasannya semakin banyak tautan menuju blog kita maka semakin diperhitungkan oleh Google bahwa blog kita ialah “penting” untuk dinilai, alhasil PR kita akan naik sendirinya.

Banjir SPAM - Gerah akan ulah orang-orang yang melaksanakan hal tersebut ditambah lagi bot spam ikut berperan maka Google, Yahoo dan Bing serta beberapa mesin cari lain setuju untuk menerapkan standar gres dalam format perletakkan link atau tautan tersebut baik dalam bentuk komentar dan bentuk-bentuk lainnya.

Format DoFollow bersama-sama muncul alasannya adanya istilah NoDollow semenjak munculnya duduk masalah tersebut. Sehingga hal ini tidak lagi memudahkan orang melaksanakan spam, walaupun spam tetap ada tapi tautan mereka tidak akan lagi dihitung sebagai hal yang “berharga” sebagai parameter perhitungan PR.

Makanya sebelum tahun 2005 tersebut mencari trafik dan mendapat backlink dari blog lain sehingga sanggup menaikkan PR kita terasa lebih gampang ketimbang zaman sekarang. Apalagi Google melalui Blogspot-nya telah menerapkan sistem NoFollow pada setiap pemberian komentar pada media mereka. WordPress juga sudah menerapkan hal ini semenjak versi-versi awal.

Format Khusus NoFollow - Anda sanggup perhatikan sebuah blog yang menganut sistem NoFollow dan DoFollow dengan cara melihat source tag HTML-nya. Cukup lakukan via browser favorit Anda untuk melihatnya, adapun formatnya telah dijelaskan sebelumnya ialah sebagai berikut:

Jika menganut sistem NoFollow:
<a href="http://namabloganda.com" rel="nofollow">Nama Tautan</a>
Jika menganut sistem DoFollow:
<a href="http://namabloganda.com">Nama Tautan</a>
Dari format di atas sanggup kita lihat bahwa DoFollow ialah format umumnya tautan, sedangkan NoFollow banyak ditemukan pada tautan berupa komentar pada sebuah blog sebagai contohnya.

Sekedar gosip khusus bahwa format ini memang diletakkan pada tag HTML namun instruksi ini sendiri tidaklah termasuk instruksi HTML yang standar, sehingga (  World Wide Web Consortium / W3C ialah suatu konsorsium yang bekerja untuk menyebarkan standar-standar untuk World Wide Web. Spesifikasi teknologi-teknologi utama yang digunakan sebagai basis utama web, menyerupai URL (Uniform Resource Locator), HTTP (Hypertext Transfer Protocol), dan HTML (HyperText Markup Language) dikembangkan dan diatur oleh tubuh ini ). W3C sebagai lembaga yang bertanggungjawab terhadap bahasa HTML tidak pernah merilis instruksi ini. Kode ini hanyalah digunakan oleh semua mesin pencari menyerupai Google, Yahoo, Bing dan lainnya untuk melaksanakan perhitungan analisa terhadap sebuah tautan.

Manfaat Link DoFollow

Kira-kira apakah penting berdasarkan Anda mendapat tautan atau backlink menuju blog Anda? sebagian besar blogger yang memahami ilmu SEO akan menyampaikan sangat penting, tapi sebagian lagi mempedulikannya. Bagi yang serius melaksanakan bisnis online menggunakan blog hal ini cukup penting untuk diperhatikan alasannya nilai sebuah PR akan cukup menghipnotis kelancaran bisnisnya.

Banyak gosip yang sanggup diperoleh di internet untuk mendapat kembali backlink berupa DoFollow, bahkan ada yang menjual gosip tersebut dengan harga tertentu. Sebenarnya mendapat gosip tersebut tidaklah sulit dan gratis alasannya dengan sedikit sumbangan dari Google juga kita akan memperolehnya.

Cara Membuat Dofollow dan Nofollow Pada WordPress


Membuat dofollow dan nofollow ialah pilihan bagi blogger, terutama untuk blogger yang menggunakan wp. Tentunya setiap pilihan mengandung resiko, menciptakan dofollow akan meningkatkan pengunjung yang sekedar meninggalkan link di blog yang pemiliknya sengaja mengkustomisasi themesnya dengan attribute dofollow tersebut, tetapi resikonya tidak kalah besar dari laba yang didapatin, dofollow sanggup berdampak pada penurunan ranking untuk PR nya, apalagi akan pemilik website yang kebetulan mengelola website yang dikategorikan paid link.

Sebaliknya jikalau pemilik blog mengunci attribute link dengan nofollow, para pembaca yang “oportunis” akan hengkang dari blog, kalaupun mereka mengomentari atau menawarkan komentar di blog, itu berarti mereka ingin menawarkan pertanyaan kepada anda, ataupun memang artikel anda sangat atau cukup berbobot untuk dikomentarin. Jika blog kekurangan komentar, maka artikel sanggup saja dikategorikan “poor content”, dan itu sanggup menimbulkan halaman artikel tersebut susah dicari di search engine, kecuali kalau memang sang pembuat artikel (pemilik blog) menciptakan sebuah artikel yang padat dan fresh.

Nah, untuk menciptakan dofollow dan nofollow pada link comments blog bermodelkan Wp, maka langkah-langkahnya sangat mudah, cukup buka file comment-template.php di direktori wp-includes anda, download dulu ke komputer lokal kemudian buka dengan notepad, cari baris instruksi php yang nampak menyerupai ini:
function get_comment_author_link() {/** @todo Only call these functions when they are needed. Include in if… else blocks */
$url = get_comment_author_url();
$author = get_comment_author();
if ( empty( $url ) || ‘http://’ == $url )
$return = $author;
else
$return = “<a href=’$url’ rel=’external nofollow’>$author</a>”;
return apply_filters(‘get_comment_author_link’, $return);}
Silahkan ubah pada baris code yang saya merahkan, ganti attribute external nofollow menjadi sesuai dengan apa yang kau kehendaki, jikalau mau dijadikan dofollow silahkan dihilangkan saja kata external nofollow, tetapi jikalau ingin menguncinya sehingga search engine tidak mengikuti link tersebut, silahkan hapus kata externalnya sehingga hanya menjadi rel=’nofollow’.

Anda juga sanggup menambahkan attribute target=’_blank’ supaya visitor yang memencet link tersebut sanggup membuka jendela gres sehingga halaman yang gres dibaca tidak ditimpa jendela baru.

Pilihan Lain Cara Membuat Dofollow dan Nofollow Pada WP, Blogspot atau Website.

Adapun cara lain bagi anda yang sudah punya hosting sendiri dan menggunakan WordPress atau Blogspot Anda sanggup merubahnya menjadi blog beratribut dofollow, Selain cara yang dijelaskan tersebut diatas berikut ini pilihan cara lainnya :

Ada 2 cara sanggup pakai plugin add-dofollow-to-blog-comment dan sanggup edit code secara manual silahkan anda pilih mana yang lebih enak,tapi kalau ingin coba-coba yang menantang ini saya kasih cara yang manual yaitu mengedit sendiri codenya di dalam cpanel hosting

Caranya sangat gampang silahkan login ke cpanel hosting milik anda, biasanya www.domainanda.com/cpanel kemudian masuk ke public html dan cari folder wp-includes sesudah ketemu yang perlu dirubah script-nya ada pada file comment-template.php dan default-filters.php

Untuk file comment-template.php cari saja script menyerupai di bawah ini
$return = “<a rel=”’external nofollow” href=”’$url’”>$author</a>”;
Pakai edit code pada file manager di cpanel hosting anda kemudian untuk tex “nofollow” -nya dihapus sehingga menjadi:
$return = “<a rel=”’external’”
href=”’$url’”>$author</a>”;
Untuk file default-filters.php cari script menyerupai di bawah ini;
add_filter(’pre_comment_content’, ‘wp_rel_nofollow’,);
Tambahkan dengan tanda “// ” didepan instruksi tersebut sehingga menjadi :
//add_filter(’pre_comment_content’, ‘wp_rel_nofollow’,);
Setelah itu jangan lupa, di save biar kondusif dari pencuri dan selamat blog anda sudah menjadi blog dofollow, good luck for you...!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Link Nofollow Dan Dofollow"

Posting Komentar