HTML

Cara Meningkatkan Pagerank Situs

Cara meningkatkan PageRank Situs Blog - yang dimaksud dengan PageRank yaitu rangking laman situs, pagerank berasal dari dua suku kata yaitu "page" dan "rank" dimana page berarti laman dan rank=ranking atau peringkat, maka meningkatkan pagerank situs berarti meningkatkan rangking laman situs di search engine.

Hampir sebagian besar para blogger pemula bahkan mungkin juga webmaster senior menanyakan ihwal bagaimana cara meningkatkan page rank (google pagerank) di blogspot/website.  Untuk mejawab hal ini sebagai seorang pemula dalam hal blogging dan teknis SEO banyak berguru pada artikel-artikel ihwal pembelajaran SEO di internet. Mungkin jawabannya tidak memuaskan dan membingungkan, dalam artikel blog online bisnis ini hanya sanggup memaparkan extractnya teknis SEO yang mungkin hanya sanggup jadi materi analisa untuk mengoptimalkan Page Range.

Hal yang  harus diingat bahwa hingga dikala ini google merahasiakan formula untuk menghitung page rank sebuah blogspot (website). Makara tanggapan saya hanya bersifat dugaan. Google menilai page rank sebuah blogspot sebagai sebuah sistem yang berkaitan antara satu faktor dengan faktor lainnya.


Beberapa faktor yang sangat mempengaruhi page rank situs


1. Backlink (Link satu arah dari situs lain ke situs kita)

Backlink  ini perlu kita perhatikan mencari backlink bukan hanya jumlahnya (kuantitas) tetapi juga kualitas link. Semakin banyak jumlah link ke blogspot kita maka akan semakin bagus dan semakin berkualitas link tersebut maka akan semakin bagus. Link yang berkualitas yaitu link yang temanya relevan atau berafiliasi dengan tema postingan atau blogspot kita ( perlu diingat google menawarkan rank untuk setiap halaman/postingan blogspot ). Secara default google akan mengakibatkan keyword yang ada di judul postingan blogspot, dan keyword di label sebagai penentu tema postingan. (Semakin besar perbandingan link masuk dan link keluar akan semakin baik pageranknya).

Perlu diingat mendapat satu backlink dari blogspot dengan PR2 lebih baik daripada 10 link dari blog PR1 ( asusmsi blogspot kita PR1 ), demikian juga kalau blogspot kita PR2 ( mendapat 1 link dari blogspot PR3 lebih baik dari 10 link blog PR2 ), kalau blogspot kita PR1 ( maka 1 link dari PR3 lebih baik dari 100 link dari PR1 ),  demikian seterusnya.

Berikut ini yaitu beberapa jenis arah link

  • Link satu arah (inbound link),
  • link dua arah,
  • link satu arah (direct link, outbound link) 
  • catatan: Link a lebih baik dari link b, link b lebih baik dari link c


2. Kesehatan link

Kesehatan link sangat perlu kita perhatikan, usahakan 2 bulan sekali melaksanakan pengecekan terhadap link, kita sanggup memakai google webmaster tools untuk mendiagnosa link-link yang bermasalah di dalam blogspot kita, yang harus anda perhatikan:

  • Death link (link mati), yaitu link dari blogspot kita ke halaman lain, dengan halaman tujuan telah dihapus oleh pemiliknya, jadi sebaiknya link menyerupai ini dihapus saja.
  • Error link, ini biasanya disebabkan lantaran timeout, atau halaman di blogspot kita terhapus, tetapi masih tersimpan di cache google, solusi bersihkan arsip link di chace google, sanggup gunakan google webmaster tools untuk menghapus link halaman di cache google
  • Dan banyak sekali permasalahan link lainnya.



3. Trafik ( banyaknya jumlah pengunjung situs)

Semakin tinggi trafik akan mempengaruhi atau memperbanyak jumlah klik ke blogspot kita, dan klik link yang ada di dalam blogspot kita.

4. Umur blogspot kita

Biasanya google menempatkan blogspot-blogspot gres atau blogspot yang bermasalah ke dalam sandbox, yaitu penyimpanan sementara (mungkin daerah karantina) kalau google menilai blogspot tersebut layak untuk dinilai maka akan dikeluarkan dari sandbox, blogspot yang berumur kurang dari 3 bulan biasanya ditempatkan dulu di sandbox sesudah itu akan dibebaskan untuk dinilai, biasanya yang bertahan usang di sandbox yaitu blogspot gres yang jarang diupdate atau tidak terurus. Jika dianggap fatal kemungkinan google akan menghapus blog tersebut.

5. Perubahan heading pada sub artikel yang sudah diindex oleh search engine.

Jika postingan link head 1,2,3….Anda telah terindex oleh google dan muncul  search engine , jangan pernah ganti judulnya dengan alasan untuk menyesuaikan dengan kategori atau judulnya kurang menarik tata bahasanya, lantaran halaman tersebut akan sanggup di banned dari google.

Faktor-faktor penentu Google PageRank


Bagi Anda yang gres memulai  mempelajari  teknis SEO mungkin Anda sudah sering membaca artikel ihwal cara meningkatkan pagerank (google pagerank). Ada yang menonjolkan cara meningkatkan pagerank dengan cepat. Namun saya yakin diantara cara meningkatkan pagerank tersebut hanya merupakan rekaan yang dihasilkan menurut prediksi dan mungkin pula menurut pengalaman webmaster yang sifatnya subjektif.Ada sekitar 200 faktor penentu google pagerank

Berdasarkan isu dari situs resmi google. Google memaparkan bahwa ada lebih dari 200 faktor yang dijadikan google untuk menentukan peringkat ( rank ) sebuah website. Namun google secara rinci tidak menjelaskan 200 faktor tersebut. Namun dari beberapa lembaga google disebutkan bahwa faktor relevansi yaitu salah satu penentu utama ranking blog. Seperti relevansi backlink, relevansi konten, postingan, judul, tag,meta tag,keyword, dll.
Selain itu trafik ( pengunjung ) juga merupakan salah satu faktor utama penentu pagerank, dan ratusan lainnya faktor penentu pagerank.

Di awal 2010 ini google sudah memasukkan faktor kecepatan ( usang waktu ) loading/membuka sebuah blog/website sebagai salah satu faktor utama penentu pagerank. Semakin cepat blog/website anda terbuka maka semakin besar peluang pagerank anda, minimal anda telah memenuhi 1/200 faktor penentu pagerank.
Informasi lebih lengkap dan tanya jawab ihwal faktor penentu pagerank sanggup dilihat disini cara meningkatkan pagerank

Faktor-faktor apa yang mempengaruhi posisi serp pada update algoritma 2010

  1. Halaman yang cepat ketika di load: blog/web dengan waktu pembukaan tercepat.
  2. Kualitas hosting : Semakin cepat hosting anda untuk di load maka semakin bagus posisi anda di SERP.
  3. Pengkodean web yang bersih/valid html.
  4. Situs-situs Web yang dibangun pada lapisan biasanya mempunyai waktu loading yang cepat.
  5. Penggunaan arahan skrip serta penggunaan konten flash harus dioptimalkan.
  6. Berat CMS: Website yang dibangun dengan CMS yang berat, sanggup mengganggu algoritma gres Google.
  7. Panjang halaman : tidak terlalu panjang atau terlalu pendek.
  8. Perbanyak penggunaan kata-kata sinonim dari kata kunci yang ditargetkan.
  9. Broken Link: Periksa dengan hati-hati yang link yang rusak di situs Web/blog sobat.
  10. Optimasi OnPage pada web/blog akan mulai memainkan tugas yang lebih besar.
  11. Social Bookmarking: Pada algoritma google yang baru, google caffeine sangat memperhitungkan link dari social bookmarking.
  12. Tidak adanya Broken Link atau link yang error.

Melihat banyaknya faktor penentu pagerank tersebut maka peluang kita sebagai blogger pemula masih terbuka untuk tetap melaksanakan meningkatkan secara optimal pada blog semoga blog kita sanggup meningkat pagerank-nya. Akhir kata hanya Anda yang mau berguru dan sabar yaitu faktor utama kesuksesan Anda untuk meningkatkan PR Anda.

Meningkatkan Ranking Alexa dan Google Page Rank


Adalah website yang menjadi penggalan dari www.amazon.com dan menyediakan isu mengenai trafik suatu website. Alexa Rank sanggup dijadikan citra mengenai jumlah pengunjung yang mendatangi suatu blog dan terekam oleh Alexa. Banyak webmaster yang menilai, Alexa rank kurang akurat dibandingkan Page Rank milik Google. Alexa masih sanggup di cheat oleh para webmaster berpengalaman.

Pertanyaanya…? Jika memang Alexa kurang akurat dibandingkan PageRank, lantas mengapa Alexa penting….? Jawabannya, lantaran ada beberapa website layanan iklan komersial yang menawarkan syarat ranking Alexa dalam batasan tertentu. ReviewMe, Text Link Ads dan Sponsored Reviews yaitu tiga diantaranya. Jika kita tidak berkeinginan memakai layanan iklan komersial atau tidak ingin mengakibatkan website/blog kita sebagai monetize blog. Peningkatan ranking Alexa sanggup dipandang sebagai upaya untuk melaksanakan sedikit meningkatkan secara optimal yang sanggup bermanfaat bagi kuwalitas blog.

Merupakan cita-cita bagi webmaster untuk mendapat lebih banyak traffic pada websitenya , Tetapi jangan heran kalau cita-cita itu hanya jadi sekedar sebuah harapan, lantaran ketidak perdulian kita terhadap cara kita meningkatkan hit yang optimal pada PageRank baik dengan memakai Ranking Alexa maupun Google PageRank, berikut ini yaitu cara meningkatkan PageRank pada website/blog :

Menggunakan jasa penyedia layanan teknik berguru SEO berbayar, untuk menemukannya anda cukup mengetik "SEO Tools"  berbayar pada google search engine
Melakukan secara manual
Apa laba dan kerugian memakai jasa penyedia layanan SEO berbayar
Keuntungannya anda tidak perlu bersusah payah mempromosikan blog anda, cukup dengan membayar dengan harga tertentu maka blog anda akan kebanjiran pengunjung.

Alternatif sebagai materi pertimbangan Anda

Untuk mendapat trafik tinggi ( meningkatkan alexa rank ), daftarkan blog anda sebagai advertiser pada penyedia layanan iklan lokal atau menca negara menyerupai google adword, kumpulblogger.com, kliksaya.com,dll,  Anda hanya membayar kalau ada pengunjung unik yang mengklik iklan tsb dalam sehari, relevan dengan Alexa yang memberi peringkat menurut pengunjung unik. Kelemahan cara ini, anda membutuhkan uang untuk membayar, Jika masa kontraknya simpulan belum tentu trafik blog anda akan meningkat.

Gejala penurunan traffic yang drastis ini sanggup dianggap google sebagai suatu anomali, bahkan lebih jelek lagi blog anda sanggup mampu pinalti lantaran google mendeteksi adanya proses fluktuasi traffic yang drastis tersebut, sanggup berakibat pagerank anda akan turun
Untuk mendapat backlink yang banyak, daftar ke penyedia layanan backlik berbayar,
Kelemahannya : Anda tidak sanggup mengontrol apakah backlink yang mengarah ke situs anda sesuai dengan kategori blog anda, lantaran google menilai kuantitas dan kualitas backlink untuk meningkatkan peringkat Blog Anda.


Bagaimana cara meningkatkan google pagerank blog secara manual


  1. Buatlah  postingan dengan isi artikelnya yang menarik semoga banyak pengunjung yang datang, sanggup dengan tutorial, tips, trik dan berikan proof ( bukti ) atau info yang sedang hangat /trend.
  2. Daftar blog di search engine, lakukan verifikasi dan daftar blog di google sitemap semoga gampang terindex
  3. Buat Banner Exchange, dengan banner block atau simple button untuk bertukar link dengan blog lain dan  backlink berkualitas sebanyak-banyaknya, kalau page rank blog anda 2 cari backlink pada blog yang page rank 3, 4 , dan yang lebih tinggi ( sebaiknya sesuai kategori blog anda, lantaran google menilai menurut kuantitas dan kualitas link ). Cara ini sudah terbukti dan banyak dipakai para blogger dan webmaster senior lantaran cukup ampuh meningkatkan PageRank.
  4. Memberi komentar pada blog yang banyak pengunjungnya dan mempunyai page rank tinggi, beri komentar yang bagus supaya sanggup menarik perhatian pemilik blog atau pengguna lain, sertakan link sehingga orang lain sanggup dengan gampang menuju ke blog anda ( hal ini dibutuhkan sanggup meningkatkan traffik blog anda )
  5. Update blog secara berkala, kalau anda ingin menciptakan 4 postingan saya sarankan sebaiknya mengupdate 2 dikala ini dan 2 lagi besok atau anda sanggup memanfaatkan publish postingan terjadwal (terjadwal) , lantaran google lebih bahagia dengan situs yang sering di update lantaran google menganggap ada acara yang kontinyu dalam blog Anda. Catatan : 2 postingan ahad ini kemudian 2 lagi postingan ahad depan ( lebih disenangi google daripada 4 postingan dalam ahad ini, dan 4 postingan 2 ahad berikutnya /ada vakum dalam 1 ahad ).
  6. Daftarkan blog anda ke web direktori, atau blog direktori gratis 
  7. semakin banyak tautan dari blog lain ke blog anda, maka google akan semakin menganggap blog anda berbobot.
  8. Aktif dalam lembaga diskusi menyerupai google grup, yahoo answer, atau social networking menyerupai friendster, yuwie, buat artikel atau tanggapan disana yang berisi ringkasan dan link ke blog anda
  9. Daftarkan blog anda ke technorati dan social bookmark lainnya
  10. Jika postingan anda telah terindex oleh google dan muncul dihalaman pertama google search, jangan pernah ganti judulnya dengan alasan untuk menyesuaikan dengan kategori atau judulnya kurang menarik tata bahasanya, lantaran halaman tersebut akan sanggup pinalti dari google, peringkat halamannya sanggup turun akhir google menganggap halaman tersebut yaitu halaman baru.
  11. Menginstal Alexa toolbar pada browser anda, atau memasang widget alexa pada blog
  12. Biasakan masuk ke blog memakai google search
  13. Jaga dapat dipercaya blog anda, jangan sekali-kali melaksanakan penipuan terhadap search engine, hal ini ada saya temukan pada beberapa blog yang hanya berisi tag dan link yang menjebak pengunjung lantaran situs tersebut tidak ada postingan yang ada hanya iklan penuh 1 halaman, mungkin dengan cita-cita bahwa pengunjung terjebak untuk mengklik iklannya sehingga menambah penghasilan pemilik situs. Padahal secara psikologis dalam jangka panjang situs tersebut akan ditinggalkan oleh pengunjung
  14. Jangan sekali-kali menciptakan anggapan blog anda dimengerti oleh google, tetapi lakukan sebaliknya yaitu buatlah situs anda dekat dengan google. Usahakan buat judul postingan yang frasenya sudah dikenal google, hal ini sanggup anda lihat pada dikala memakai google search, misalkan di kotak teks pencarian pada dikala mengetik s akan muncul pilihan SEO, SEO Tools, gunakan kata-kata yang sudah dikenal oleh google tersebut kalau postingan anda berafiliasi dengan SEO jangan modifikasi menjadi SEOS, atau SEOTools semoga tampil beda dengan yang lain, lantaran google akan galau dengan judul postingan menyerupai di atas.
  15. Buat link antar halaman, dan link dari halaman Home ke sub halaman dan sebaliknya, anda sanggup memakai link navigasi atau link di dalam postingan yang mengarah ke postingan lain.
  16. Jangan gunakan terlalu banyak arahan javascript dalam blog anda, sebaiknya gunakan html script, lantaran google lebih peka terhadap arahan html. Anda juga sanggup menentukan template yang gampang loadingnya,biasanya template yang berat loadingnya kalau banyak memakai javascript atau background image , multimedia atau flash untuk menghias blog semoga kelihatan cantik. Tujuan kita bukan menghias tampilan blog tetapi merampingkan /membutuhkan template yang ringan loadingnya semoga memudahkan robot google menelusuri script yang ada dalam blog.
  17. Gunakan situs dengan domain sendiri (berbayar) , Jika memakai yang gratisan gunakan saja dengan domain yang User-Friendly menyerupai .co.cc , .co cz, .co.tv dan .tk  lantaran Google lebih bahagia dengan situs yang mempunyai domain sendiri dan user-friendly dibanding blog gratisan menyerupai blogspot.
  18. Blogwalking, Cara ini terbukti sanggup meningkatkan traffic blog dan hampir setiap blogger melakukannya baik dalam keadaan sadar maupun tidak menyadari, kalau dari segi kekeluargaan dijamin akan mempererat silaturahim di antara sesama blogger Indonesia.
  19. Broken Link, Pastikan tidak ada link yang error di blog Anda. Tidak kebayangkan pengunjung kecewa dan pergi lantaran ada link yang rusak.
  20. Tombol Link Navigasi, Link navigasi blog Anda harus tersusun secara rapi supaya lebih yummy dilihat dan tidak membingungkan pengunjung.
  21. Buatlah website atau blog Anda terlihat profesional, Hampir sebagian besar blog dan website dibentuk dalam bentuk yang dinamis. Hal ini dimaksudkan semoga blog atau website tersebut  ( saya selalu membedakan blog dengan website dilihat dari sifat personalnya ). Penggunaan model dinamis sanggup mengurangi pekerjaan manual yang harus dilakukan satu persatu didalam blok. Bahkan semoga menarik blog juga dibentuk dan ditambahkan banyak feature. Akibatnya sanggup ditebak. Alih-alih menarik pengunjung, blog menjadi terlalu lambat lantaran dijejali oleh banyak sekali akomodasi tambahan. Jika dilihat ada satu hal yang diabaikan dari para blogger pemula dalam mengakibatkan website/blognya sebagai monetize blog. Mereka banyak terpaku pada bentuk blog atau CMS yang memang dibentuk dinamis. Mereka banyak yang tidak menyadari bahwa blog yang berbentuk simple dan elegan ( efeknya tentu saja cepat diakses pengunjung ) atau website yang sifatnya statis sanggup juga mendatangkan keuntungan.


Dengan naiknya pagerank ada beberapa keuntungan

  1. Dari pengalaman,lebih gampang mendaftar blog ke google adsense, dan pada dikala memanfaatkan google adsense pada feed, maka pada feed yang telah anda monetize tersebut akan muncul iklan dari google,.sewaktu PR masih rendah dan alexa rank masih jutaan kadang iklannya hanya sedikit yang muncul. Atau dikala mendaftar di jualan link sanggup diterima dan sanggup menjual link. Demikian juga kalau anda mendaftar di adsense ppc lokal, maka penghasilan anda sanggup lebih tinggi kalau mengambil zona individu.
  2. Dengan naiknya pagerank maka bobot halaman website anda akan dianggap semakin tinggi oleh google ( halaman blog page ranknya tinggi lebih diprioritaskan di urutan daftar pencarian google, kalau pr2 lebih berpeluang masukan 10 besar pencarian google dibanding dengan yang pr 1, dengan syarat trafficnya/pengunjung sama )
  3. Dengan naiknya pagerank maka halaman blog anda sanggup cepat terindex oleh google. jadi semakin besar peluang anda untuk mendapat posisi teratas di pencarian search engine. Jika telah berada di halaman pertama hasil pencarian google anda berpeluang mendapat pengunjung ke blog.
  4. halaman postingan sanggup lebih cepat terindeks google
  5. Ada beberapa bisnis online yang mensyaratkan PR tertentu untuk sanggup menjadi member

Secara garis besar yang besar lengan berkuasa terhadap pagerank yaitu banyaknya link yang mengarah ke blog anda ( backlink ) plus jumlah klik atau frekuensi tampilnya halaman yang berisi link tersebut,relevansi keyword,density keyword, penempatan anchor text, kecepatan loading halaman web, dan lain-lain. 

Alexa rank dipengaruhi oleh banyaknya kunjungan unik ke blog anda. Semakin banyak pengunjung maka semakin tinggi ranking Alexa, semakin kecil angka yang tertera di alexa toobar. Nilai alexa yang tertinggi yaitu 1 dan terendah sekitar 20 jutaan.

Cobalah untuk mendapat LinkBack dari website yang mempunyai PageRank yang tinggi, sehingga website/blog kita akan lebih diperhatikan oleh robot mesin pencari dan akan mendapat banyak pengunjung yang baru. Berdasarkan pengalaman para webmaster yang hit trafficnya sangat tinggi  100% pengunjung gres akan mengklik atau mengunjungi isi website yang Up-to-date, gampang untuk dimengerti dan terbukti.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Meningkatkan Pagerank Situs"

Posting Komentar