HTML

Cara Mengetahui Dan Melaporkan Artikel Yang Dicopas

CARA PRAKTIS UNTUK MENGETAHUI DAN MELAPORKAN ARTIKEL YANG DICOPAS CARA MENGETAHUI DAN MELAPORKAN ARTIKEL YANG DICOPAS
CARA MENGETAHUI DAN MELAPORKAN ARTIKEL YANG DICOPAS - Sejak menuliskan dilema DMCA notice, ada beberapa sahabat blogger yang bertanya bagaimana cara mengetahui konten kita yang dicopas orang lain. Sebenarnya saya sendiri menggunakan jadwal buatan teman. Sayangnya ini bukan sesuatu yang sanggup diketahui umum. Kaprikornus saya mau membagi cara manual yang sanggup anda pergunakan untuk mengetahui artikel blog yang dicopas tanpa seizin saudara.

Untuk memudahkan anda memahami cara mengetahui artikel yang di copy paste, maka mari kita menciptakan sebuah pola kasus. Sekarang aggap saja saya ingin tahu siapa saja yang membajak top artikel di blog saya ini.

Berhubung top artikel di blog saya ini ialah cara menciptakan email google, maka saya akan menggunakan artikel tersebut di dalam pola berikut ini.....

CARA MENGETAHUI ARTIKEL YANG DICOPAS DARI BLOG ANDA

  • Langkah pertama, bukalah artikel yang ingin anda lacak copy paste lainnya di dunia maya.
  • Setelah artikel tersebut terbuka, silahkan sorot dan copy sebuah frasa atau kalimat dari dalam artikel tersebut (lihat gambar)
  • Dalam pola di atas kita mengcopy frasa Layanan ini menjadi semakin laku alasannya ialah Google mengintegrasikan sistem akun email-nya dengan fasilitas
  • Sekarang buka http://www.google.co.id/
  • Masukkan frasa yang tadi dicopy dengan diawali tanda kutip ganda dan diakhiri juga dengan tanda kutip ganda. Setelah itu silahkan tekan enter. INGAT! JANGAN SAMPAI TANDA KUTIP LUPA DIPAKAI....
  • Hasilnya Google akan menawarkan halaman-halaman yang mengandung frasa yang sama persis dengan frasa yang kita copy dari artikel tadi. (lihat pola gambar di bawah)
  • Ternyata,.... dalam hasil pencarian di atas ditemukan 1350 URL yang mempunyai frasa yang sama persis dengan yang ada di artikel kita tadi. 
  • Apakah itu berarti yang membajak ARTIKEL TERPOPULER saya ada sebanyak itu? Tentu tidak sebanyak itu, prosesnya belum selesai.....kita lanjut dulu.
  • Hasilnya sanggup sebanyak di atas, alasannya ialah cukup banyak blogger yang yang memasang widget ARTIKEL TERBARU di blognya. Kaprikornus setiap kali mereka menerbitkan artikel yang baru, maka cuplikan dari artikel tersebut akan menempel pada sidebar. Cuplikan-cuplikan pada sidebar inilah yang menciptakan kesannya membengkak menyerupai itu.
  • Untuk menyaringnya dan membuatnya menjadi lebih akurat, kita masih harus mengutip frasa-frasa yang lain untuk dilacak di Google. Kali ini kita sanggup mengambil frasa dari bab tengah, dan bab final artikel untuk melacak URL-URL yang membajak 100% isi artikel kita.....
  • Nantinya link-link yang berhasil kita kumpulkan akan kita simpan di dalam ms.excel. 
  • Setelah semua URL lengkap,  kita tinggal mengurutkannya secara alfabet.
  • Setelah link terurut secara alfabet akan tampak terperinci URL mana saja yang melaksanakan copas dari awal hingga final artikel.
Kesulitan 1: Terlalu Repot?
Bagi anda yang merasa melaksanakan sortir sebanyak 3 kali itu terlalu merepotkan, maka anda sanggup mengumpulkan link-link HANYA dari hasil pencarian yang mempunyai JUDUL YANG SAMA atau setidaknya menyerupai dengan judul anda. Karena biasanya halaman yang mempunyai judul yang sama dengan anda dan mengandung frasa yang sama pula, memang mencuri artikel dari blog anda.

Kesulitan 2: Bagaimana Kalau Terlalu Banyak?
Banyak yang kebingungan kalau URL yang tertangkap terlalu banyak. Misalnya total URL pelaku copas artikel ada lebih dari 10.000 URL. Bukannya tangan sanggup jadi keriting melaporkan mereka semua? Jika memang hasil yang anda temui terlalu banyak, maka lakukan pembagian prioritas terlebih dahulu. Berikut cara mengelompokkan URL tersebut:
  • URL dari auto blog harus segera dilaporkan, alasannya ialah mereka benar-benar merusak ranking anda (Prioritas Tinggi)
  • URL yang mengcopy ARTIKEL POPULER dari blog anda secara "eceran" menyusul kemudian (Prioritas Menengah)
  • URL yang mengcopy artikel yang tidak terlalu laku di blog anda diproses paling final (Prioritas Rendah)
Kaprikornus sesudah anda mengetahui URL dari artikel-artikel yang dicopas dari blog anda, dan melaksanakan pengelompokan prioritas menyerupai di atas. Tiba waktunya untuk melaporkan URL-URL tersebut.

CARA MELAPORKAN ARTIKEL YANG DICOPY PASTE DARI BLOG ANDA

DMCA ialah Digital Millenium Copyright Act alias Aksi Hak Cipta Zaman Digital. Ini ialah sebuah kesatuan agresi di dunia maya yang memang di Amerika di dukung secara hukum. Tetapi secara global juga berlaku, alasannya ialah banyak mesin pencari, web hosting, dan penyedia layanan iklan yang bersatu mendukung program-program DMCA ini.

Hanya saja banyak blogger yang salah paham akan mekanisme DMCA, sehingga mereka merasa memerlukan pinjaman dari situs menyerupai dmca.com dan myfreecopyright.com untuk melindungi hak ciptanya. Sebenarnya saya juga dulu sempat berpikiran menyerupai itu ketika gres mulai kembali beraktifitas blogging.

Saya gres tahu detil prosedurnya sesudah saya melaksanakan DMCA yang pertama di bulan Agustus 2012. Di situ saya gres sadar kalau layanan menyerupai dmca.com dan myfreecopyright.com sama sekali bukan sebuah keharusan. Google tidak butuh pinjaman dari situs menyerupai itu untuk menciptakan keputusan apakah akan mendapatkan klaim anda atau tidak.

Kaprikornus kalau anda sudah berniat melaporkan URL hasil tangkapan anda berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan:
  • Buat surat peringatan dan seruan abolisi artikel copy paste kepada pelaku pencurian artikel anda. Kirim ke emailnya, kalau tidak tahu alamat emailnya silahkan kirim eksklusif ke komentar di blognya.
  • Tunggu selama 3 hari, kalau tidak ada respon positif, atau responnya malah sangat negatif....jangan ragu untuk melaksanakan melayangkan permohonan DMCA takedown ke Google.
  • Untuk melaporkan suatu blog ke Google silahkan baca petunjuknya di artikel CARA MENGATASI PENCURI ARTIKEL . Respon Google sangat cepat! Hanya dalam 2-3 hari anda akan menerima balasan.
Kaprikornus kini anda sudah tahu bagaimana cara mengetahui artikel yang dicopas orang lain, dan bagaimana juga cara melaporkannya. Mudah-mudahan ini sanggup membantu anda mengurangi duplikat konten anda di dunia maya, sehingga ranking menjadi lebih baik....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengetahui Dan Melaporkan Artikel Yang Dicopas"

Posting Komentar