HTML

Cara Mempercepat Loading Blog Blogspot

 Lamanya loading suatu blog bisa dipengaruhi oleh  Cara Mempercepat Loading Blog Blogspot
Cara Mempercepat Loading Blog Blogspot - Lamanya loading suatu blog bisa dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu: Koneksi si pengunjung, kemampuan server, dan ukuran serta desain halaman yang dibuka oleh browser.

Untuk hal yang pertama yaitu koneksi pengunjung blog, sudah terang itu di luar kemampuan kita, sedangkan untuk hal yang kedua masih tergantung apakah anda menggunakan hosting sendiri atau tidak....

Kalau anda tidak punya jalan masuk ke server alias pengguna jasa gratisan, maka pasrah saja jikalau server berulah. Tapi satu hal yang niscaya bisa kita atasi yaitu poin ketiga, alasannya yaitu itu sepenuhnya bisa kita atur.

Perlu dicatat bahwa saya sendiri tidak melaksanakan semua proses di bawah ini. Untuk menjawab komentar dan menulis artikel saja saya sudah kepayahan....jadi belum ada waktu untuk  mengutak-atik semua komponen dan menciptakan rancangan ulang setiap elemen. Makara saya bagi apa yang saya tahu, dan bukan apa yang saya lakukan saja ya? Harap maklum .... ^_^

Adapun cara terbaik untuk mempercepat loading blog yaitu dengan menciptakan blog yang seringan mungkin. Semakin banyak komponen, dan semakin besar ukuran setiap komponen penyusun halaman, maka akan semakin usang waktu muat dari blog anda.

Singkat kata blog dengan desain warna putih dan goresan pena apa adanya akan terbuka dengan sangat mudah. Yang menjadi duduk kasus adalah; sangat sedikit orang yang ingin menciptakan blog yang apa adanya ibarat itu.

Rata-rata blogger menyebabkan blognya sebagai sarana mengekspresikan diri mereka. Makara mari kita melihat apakah ada hal-hal yang bisa dilakukan setidaknya untuk mengurangi waktu loading dari blog kita sambil tetap berekspresi ria di blog.

Sekali lagi perlu diingatkan bahwa tips di bawah ini dibentuk dengan perkiraan bahwa kecepatan koneksi pengguna, dan kemampuan server yang mengakomodir blog kita tidak bermasalah. Tips di bawah ini juga dibatasi untuk pemakai blogspot saja. Untuk pengguna blog atau website yang self hosted, tentu lebih banyak opsi yang bisa ditempuh....

#1 Cara Mempercepat Loading Blog Dengan Mengurangi HTTP Request

Cara pertama untuk mempercepat loading dari blog yaitu dengan menciptakan komponen blog seminimal mungkin. Untuk setiap komponen yang ada browser akan melaksanakan request yang memakan waktu loading.

Seumpamanya ibarat ini, anda membutuhkan 300 barang dari sebuah supermarket, sedangkan sekali jalan pembantu anda cuma bisa membawa 30 barang. Itu berarti pembantu anda harus bolak balik sebanyak 10 kali untuk membawa semua barang. Seandainya anda hanya memesan 100 barang saja.... niscaya pembantu bisa menuntaskan pesanan anda dalam waktu yang jauh lebih singkat.

#2 Cara Mempercepat Loading Blog Dengan Memperkecil Ukuran Gambar

Ukuran gambar yang dimaksud di sini bisa dalam pixel maupun dalam kb. Makara anda bisa mempekecil persentase pixels gambar dan menguploadnya atau sekedar menurunkan kualitas gambar dengan ukuran dimensi yang tetap (gambar jadi agak blur sedikit). Kedua teknik ini akan mengurangi ukuran file gambar.

#3 Mempercepat Loading Blog Dengan Melakukan CSS Image Sprites

Teknik ini yaitu menggabungkan beberapa gambar dalam satu gambar dan membagi satu gambar itu dalam banyak area. Makara dalam satu gambar bisa disuntikkan banyak link, yang mana sebelumnya dalam satu gambar cuma bisa ada satu link.

Image Sprites bisa digunakan dalam background, ataupun navigasi yang menggunakan gambar berederet.Penggunaan image sprites bisa mengurangi http request yang ada pada gambar di atas, alasannya yaitu yang sebelumnya harus meloading banyak gambar kini hanya perlu mendownload satu gambar. Ukuran bobot gambar bisa saja tidak berkurang, tapi berkurangnya http request yang mempercepat waktu loading blog anda.

#4 Mempercepat waktu loading dengan menggabungkan beberapa file

Misalnya blog anda menggunakan beberapa file style sheet, jikalau anda bisa menggabungkan beberapa file tersebut dalam satu file style sheet, dengan demikian kita bisa mengurangi http request. Teknik ini juga berlaku untuk script. Anda bisa menggabungkan beberapa script dalam satu file.... sehingga browser hanya sekali saja meloading semua script.

#5 Mempercepat waktu loading dengan memastikan semua style sheet berada pada head section

Dengan melaksanakan ini anda bisa menciptakan browser melaksanakan render dengan sangat cepat untuk setiap pengaturan style setiap komponen di dalam halaman tersebut.  Pengaturan style pada body bisa menciptakan render lebih lambat, atau bahkan jikalau style sheet ditaruh di bab bawah halaman, bisa berakibat errornya tampilan, alasannya yaitu browser memblokir proses render untuk mencegah penataan ulang elemen jikalau style berubah.

#6 Mempercepat waktu loading dengan menaruh script pada bab simpulan halaman blog.

Berbeda dengan style sheet, script justru akan lebih baik jikalau ditaruh di bab simpulan dari halaman. Kenapa? Karena browser akan memblokir proses loading dari elemen halaman lain jikalau script ditaruh di antara elemen. Dengan menaruh script pada bab simpulan halaman, maka semua komponen sudah selesai dimuat dikala browser akan mulai melaksanakan script loading.

Yang menjadi duduk kasus yaitu tidak semua script bisa ditaruh pada bab bawah dokumen. Script yang berfungsi untuk memanggil elemen halaman, harus ditaruh pada posisi yang diinginkan. Untuk itulah beberapa pengembang mulai menggunakan script asinkron, sehingga halaman bisa tetap melanjutkan proses loading tanpa harus menunggu tuntasnya script asinkron.

#7 Hindari CSS Expression

Apa yang dimaksud dengan CSS expression? CSS ini digunakan jikalau anda ingin menciptakan CSS yang dinamis. Misalnya menciptakan tampilan warna background berubah setiap jamnya. CSS expression ini bisa menciptakan browser menganalisa halaman berulang kali. Bayangkan saja, hanya dengan mengayunkan pointer mouse menyeberangi halaman, browser anda bisa menganalisa halaman sampai ribuan kali. Makara sebaiknya hindari atau gunakan one time expression untuk mengurangi intensitas kalkulasi yang dilakukan browser anda.

#8 Anda bisa mempercepat waktu loading blog dengan menggunakan CSS dan Javascript eksternal

Tujuan utama dari menggunakan CSS dan javascript external dan bukannya inline yaitu untuk memanfaatkan cache oleh browser. Dengan menggunakan eksternal css dan javascript, maka browser akan melaksanakan cache sehingga browser tidak perlu lagi melaksanakan loading dikala pengunjung ingin membuka halaman ini berkali-kali.

Sebaliknya, jikalau anda menggunakan yang inline, maka browser harus memuatnya setiap anda membuka lagi script tersebut. Satu lagi yang perlu diperhatikan yaitu kemampuan dari server yang anda tempati melaksanakan host script tersebut....cari yang bisa diandalkan.

#9 Kompresi CSS dan Javascript bisa mengurangi waktu loading dari blog anda....

Anda bisa melaksanakan kompresi pada style sheet ataupun pada script untuk mempercepat loading blog anda. Anda tidak perlu melaksanakan ini secara manual, alasannya yaitu dikala ini sudah sangat banyak tools yang bisa anda pakai. Jika anda ingin melaksanakan kompresi pada CSS silahkan kunjungi http://www.csscompressor.com/. Dan jikalau anda ingin melaksanakan kompresi pada javascript bisa menggunakan alat dari http://javascriptcompressor.com/ . Selain itu pastikan tidak ada javascript yang identik, jikalau ada maka hapus salah satunya....

#10 loading blog bisa semakin cepat jikalau komponen yang berat dihapus

Pada dikala anda memuat halaman blog anda coba perhatikan log proses yang ditampilkan di bab bawah jendela browser. Biasanya di situ akan diperlihatkan komponen apa yang sedang berusaha dimuat oleh halaman blog anda. Jika ada komponen yang berdasarkan anda terlalu lama, maka anda punya 2 pilihan; apakah menghapusnya atau menggantinya dengan elemen serupa dari sumber yang lain

Pastikan dikala anda melaksanakan tes ini menggunakan komputer yang bebas dari cache, alasannya yaitu cache bisa menghipnotis kecepatan muatnya, sehingga anda tidak mendapat hasil yang sebenarnya. Tes juga blog anda dari koneksi berbeda. Anda bisa pergi ke warnet-warnet untuk melaksanakan ini. Tujuannya yaitu semoga anda bisa melihat apakah gangguan itu benar-benar alasannya yaitu duduk kasus dari server komponen, atau memang ada koneksi yang bermasalah jikalau harus memuat komponen tersebut

#11 Optimisasi Gambar Untuk Menambah Kecepatan Loading Blog

Untuk mengelola gambar sendiri ada beberapa hal pelengkap yang harus menjadi perhatian anda....:
  1. Hindari src gambar yang kosong ibarat src="" ini akan sangat merugikan performa blog anda
  2. Hindari penggunaan skala pada gambar. Misalnya anda ingin menampilkan gambar dengan ukuran 400x300 pixels, maka sebaiknya gambar itu memang dibentuk dalam ukuran demikian. Jangan mengupload gambar dengan ukuran 1200 x 800 pixels kemudian anda atur dengan fungsi width dan height menjadi 400 x 300 pixels
  3. Yang cukup sulit yaitu memastikan gambar dan komponen statis lainnya bernilai di bawah 25kb. Saya juga selalu melanggar batas ini.... ^_^
  4. Kalau gambarnya sama, maka pastikan URL juga sama persis. Jangan mengupload gambar yang sama berulangkali sehingga setiap gambar punya URL berbeda. Kalau gambar sudah diupload sekali itu sudah cukup. Silahkan ambil URL gambar tersebut untuk digunakan berkali-kali

#12 Hindari tanda kueri dari komponen statis.....

Yang dimaksud dengan tanda kueri itu yaitu tanda "?" pada URL komponen. Jika anda menggunakan suatu komponen yang statis, maka sebaiknya URL juga bersifat statis.

Ok, rasanya itu saja dulu, kalau nanti teringat ada hal yang perlu ditambahkan artikel ini akan diupdate. Teman-teman yang mau menyebarkan tips yang bisa mempercepat loading blog juga dipersilahkan memberi masukan.... Terima kasih sebelumnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mempercepat Loading Blog Blogspot"

Posting Komentar