HTML

Apa Yang Dimaksud Rich Snippet?

Apa yang dimaksud Rich Snippet? - Anda niscaya pernah menggunakan Google untuk mencari sesuatu. Hasil pencarian Google menampilkan 10 hasil di halaman depan. Masing-masing hasil terdiri atas judul dan snippet yang diambil dari halaman bersangkutan. Anda dapat mengendalikan title dan snippet dengan memasang title tag dan meta description pada masing-masing artikel. Lain halnya dengan rich snippets....

Rich snippet adalah tampilan hasil pencarian yang di-markup sehingga terlihat lebih menarik. Rich snippet sama sekali tidak mempengaruhi peringkat, hanya membantu pengguna Google untuk menentukan sebuah hasil dengan gosip yang anda berikan. Rich snippet ini menciptakan hasil pencarian untuk blog anda tampak berbeda sehingga dapat menaikkan tingkat klik yang anda peroleh.

Anda dapat menambahkan rich snippet pada HTML blog atau website anda untuk membantu Google menghidangkan gosip pelengkap bagi pengunjungnya. Ada 3 tahap yang dapat anda lakukan untuk menciptakan Rich Snippet pada blog anda.

#1 Pilih HTML Markup Format untuk Rich Snippet anda

Google menyarankan biar kita menggunakan microdata. Tapi salah satu dari ketiga format di bawah ini boleh anda gunakan untuk melaksanakan markup HTML.
  1. Microdata
  2. Microformat
  3. RDFa
Saya sendiri memang lebih nyaman menggunakan microdata menyerupai ajuan dari Google. Tapi teman-teman blogger nanti bebas menentukan metode yang akan digunakan.

#2 Markup HTML Blog Anda

Ada beberapa jenis rich snippets yang dapat anda pilih sesuai dengan blog anda. Beberapa di antaranya adalah:

 #3 Tes Tampilan Rich Snippet

Jika anda sudah tamat melaksanakan markup, silahkan membuka alamat URL Rich Snippets Testing Tool. Alat ini akan membantu anda untuk melihat hasil yang akan ditampilkan Google pada hasil pencarian. Anda tinggal memasukkan salah satu URL dari halaman artikel anda pada kotak URL yang disediakan. Tunggu beberapa ketika untuk melihat hasil rich snippet blog saudara.

Walaupun alat ini sudah mengatakan hasil yang anda inginkan, tapi Google menciptakan pernyataan bahwa tidak ada jaminan mereka akan menggunakan data yang anda berikan. Karena Google tetap memiliki algoritma yang dapat bangun diatas kaki sendiri untuk membandingkan rich snippets anda dengan kualitas dari blog itu sendiri.

Lalu bagaimana bila sehabis pengujian ternyata rich snippets gagal terpasang?

Ada banyak faktor yang menjadikan rich snippets tidak tampil sesuai yang kita kehendaki. Jika hal itu terjadi maka Google merekomendasikan untuk menyelidiki beberapa hal dari markup yang kita lakukan pada HTML blog kita. Cek sekali lagi isyarat markup anda, dan sesuaikan dengan standar isyarat Google.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Yang Dimaksud Rich Snippet?"

Posting Komentar