HTML

6 Cara Efektif Merawat Sandal Gunung agar Tak Cepat Rusak

6 Cara Efektif Merawat Sandal Gunung agar Tak Cepat Rusak
6 Cara Efektif Merawat Sandal Gunung agar Tak Cepat Rusak

Semua produk pasti membutuhkan berbagai langkah perawatan agar kualitasnya tetap terjaga, sehingga bisa berfungsi dengan baik. Sama halnya dengan sandal gunung. Meskipun sandalnya terbuat dari bahan kuat, namun perawatan tetap diperlukan. Inilah 6 cara efektif yang perlu Anda lakukan untuk merawat sandal khusus yang berkualitas tersebut.

1.    Membersihkan Sepatu Segera Setelah Digunakan
Cara perawatan pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan sepatu dengan segera setelah Anda menggunakannya. Hal ini harus dilakukan agar sandal tetap tahan lama dan tidak cepat rusak karena kotoran yang menempel di permukaannya. Kotoran yang tidak segera dibersihkan akan mengendap di pori-pori sandal dan akan lebih sulit dibersihkan.

Jika sudah demikian, maka perlu upaya lebih untuk menghilangkan noda tersebut. Gosokan yang lebih keras akan menjadikan lapisan luar lebih cepat mengelupas. Untuk itu, rasa malas harus dilawan agar mampu membersihkan sandal dengan segera demi terjaganya kualitas sandal.

2.    Membersihkan Sandal dengan Alat Pembersih yang Tepat
Sandal untuk hiking juga harus dirawat dengan cara yang benar. Dalam membersihkannya, Anda harus menggunakan alat pembersih yang tepat untuk menjaga agar permukaan sandal tidak cepat rusak. Alat pembersih untuk bagian atas dan bawah sandal tentu berbeda. untuk bagian atasnya, Anda bisa membersihkannya dengan lap basah ataupun sikat lembut.

Untuk bagian alas sandal, Anda bisa menggunakan sikat halus dengan bulu yang lembut. Gosokkan secara perlahan ke seluruh area sepatu dengan pelan. Jangan sampai terlalu bertenaga karena gosokan yang berlebihan akan mudah merusak grip pada bagian alas sepatu. Jika di sela-sela grip terdapat sisa tanah, maka gunakan tusuk gigi untuk menghilangkannya.

3.    Membersihkan dengan Air tanpa Campuran Sabun
Selain memperhatikan alat pembersih yang digunakan, Anda juga perlu memperhatikan bahan pembersih yang cocok untuk menjaga kualitas sandal khusus untuk hiking ini. dalam membersihkan sandal, cukup gunakan air bersih saja. Hal ini dikarenakan sabun atau deterjen akan melunturkan lapisan tipis yang berfungsi menghalau air yang masuk ke bagian dalam.

Perawatan untuk membersihkan sandal hanya dengan air bersih ini juga berlaku untuk sepatu gunung. Bahkan, sepatu ini lebih sensitif jika terkena air sabun. Lapisan kedap airnya bisa lebih cepat terkelupas. Untuk sepatu, perawatan bisa menggunakan sikat yang lebih lembut dan gunakan semir ketika sudah kering dan dilakukan sebelum penyimpanan.

4.    Menjemur Sandal di Area yang Tidak Terpapar Sinar Matahari Langsung
Setelah selesai mencuci sandal, maka langkah selanjutnya adalah menjemurnya hingga benar-benar kering dan tidak ada kandungan air yang tersisa. Tujuannya agar bagian dalam sepatu tidak mudah rusak karena terlalu lembab dan merusak struktur bahannya.

Jemurlah sandal di area yang tidak terpapar langsung oleh sinar matahari agar warnanya tidak cepat luntur dan menjaga kualitas bahan penyusun sandal. Cara ini juga dilakukan agar ketika hujan tiba-tiba datang, sandal tidak langsung terkena air hujan.

5.    Memberikan Kertas di Dalam Sandal untuk Menjaga Bentuknya
Selain beragam cara perawatan di atas, bentuk sandal juga harus dijaga dengan baik. Setelah kering, simpanlah sandal di tempat yang layak dan berikan gumpalan kertas di dalamnya dengan tujuan menjaga bentuk sandal agar tetap mudah ketika digunakan. Pasalnya, tali pada sandal bisa terlipat jika sudah lama tidak dikenakan atau tertimpa barang atau sepatu lainnya.

6.    Menyimpan Sandal dengan Teratur
Cara perawatan lainnya adalah dengan menyimpan sandal di tempat yang layak dan tidak berdesak-desakan dengan sandal atau sepatu lainnya. Rak penyimpanan yang cukup bisa menjaga sandal agar tetap tahan lama, tidak berubah bentuk, serta tetap bersih setelah dicuci.

Segenap cara perawatan terhadap sandal khusus tersebut dapat menjaga kualitas sandal agar tidak mudah rusak dan tetap berfungsi optimal. Perawatan tersebut juga harus dilaksanakan secara rutin agar tahan lama. Jangan sampai sandal berkualitas sekelas sepatu gunung ini cepat rusak hanya karena Anda malas merawat atau salah dalam perawatannya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Cara Efektif Merawat Sandal Gunung agar Tak Cepat Rusak"

Posting Komentar