Learning Multiple Operating Systems

M$ Windows masih mempengaruhi para pengguna komputer. Harus diakui. Tetapi, apakah alasannya yaitu itu kita mesti M$ Windows-minded? No no no…. kita juga mesti melek dunkz. Masih baaaanyak OS yang laennya, contohnya Linux, Sun Solaris, FreeBSD, de el el deh.

Bagi kamu-kamu yang pengen mencar ilmu banyak OS, tetapi masih M$ Windows-minded, ada alternatif cara mencar ilmu OS selain M$ Windows, tetapi masih dalam platform M$ Windows… Kamu dapat memakai software untuk menciptakan virtual machine menyerupai vmware. Hmmm… tapi syaratnya cukup berat. Spek kompie kau mesti tinggi. Prosesor setara P4 1,6 GHz mungkin dah memadai (lebih tinggi lebih bagus). Tetapi yang paling penting yaitu RAM. Menurut gw, RAM minimal 512 MB deh… kalo cuman 256… mana cukuuuup… soalnya, walaupun virtual, OS yang bakal diinstal membutuhkan RAM yang sama kalau kita menginstal pribadi ke ke kompie (secara fisik).

Di bawah ini yaitu tampilan pada ketika instalasi Ubuntu 6.06 LTS di VMware Workstation 5.5.3. Komputer utama (host) yang dipakai yaitu M$ Windows XP.

 Windows masih mempengaruhi para pengguna komputer Learning Multiple Operating Systems

VMware menyediakan tool semoga kita gampang berpindah-pindah dari host (kompie utama, dlm kasus ini Windows XP) dan komputer guest (OS virtual, dlm kasus ini yaitu Ubuntu 6.06). Tool tersebut harus diinstal terlebih dahulu. Gambar di bawah ini yaitu instalasi vmware-tools di sistem operasi Ubuntu 6.06.

 Windows masih mempengaruhi para pengguna komputer Learning Multiple Operating Systems

Gambar di bawah ini menampilkan situs om google yang diakses dari Ubuntu 6.06.

 Windows masih mempengaruhi para pengguna komputer Learning Multiple Operating Systems

Oke de… segitu dulu…. Semoga berguna….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Learning Multiple Operating Systems"

Posting Komentar