Cara Menentukan Tema atau Judul Penelitian Skripsi

Cara Menentukan Tema atau Judul Penelitian Skripsi.Proposal Skripsi merupakan salah satu syarat pengajuan yang pada akhirnya seorang mahasiswa melanjutkan menuangkan penelitiannya dalam bentuk skripsi. Skripsi merupakan salah satu hal yang mutlak bagi mahasiswa Khususnya untuk mahasiswa yang sedang menuntaskan program sarjananya. Kerap kali dalam penyusunan judul seorang mahasiswa bisa memikirkannya hingga berhari hari. disinilah kesalahan yang timbul. dan rata rata bisa dibilang mahasiswa menghabiskan waktunya hanya memikirkan judul ketimbang skripsinya.
Keluhan demi keluhan timbul dan muncul seiring perjalanan penyusunan skripsi pun dimulai. sebelum masuk kedalam topik pembahasan kita ada baiknya kita memahami sedikit tentang apa itu penelitian skripsi atau yang biasa disingkat UP (Usulan Penelitian) atau bahasa beken sekarang yang menjadi proposal penelitian skripsi.
Makna singkat dari proposal penelitian skripsi adalah sebuah Tugas penelitian yang berdasarkan pengamatan yang diajukan sebagai salah satu syarat untuk melanjutkan penelitian yang lengkap yang nantinya akan dituangkan didalam sebuah skripsi. Nah begitulah pengertian secara sederhananya. jadi bagi agan agan yang belum paham mengenai usulan penelitian nah begitulah arti sederhananya,
Jadi kesimpulannya sebelum nantinya anda membuat skripsi anda haruslah terlebih dahulu membuat sebuah usulan penelitian. Nah usulan penelitian biasanya hanya mengulas tentang bab satu skripsi. jadi jika bab 1 oke maka anda bisa mempertahankannya didalam sidang proposal dulu nantinya. dan didalam sidang proposal itulah nantinya jika penguji menyetujui usulan penelitian anda barulah anda bisa melanjutkannya didalam penyusunan skripsi.

Kiat kiat apa yang harus diperhatikan didalam merumuskan penelitian ?
Sebelum saya masuk didalam topik pembahasan kiat kiat yang harus diperhatikan didalam merumuskan sebuah penelitian.
Anda harus terlebih dahulu mengetahui pengertian dari setiap kisi kisi penyusunan skripsi, point disini tidak cukup saja bila hanya mengetahui namun juga harus memahami apa makna sebenarnya dari usulan penelitian , untuk apa tujuan usulan penelitian, kenapa harus ada usulan penelitian, kenapa harus usulan penelitian dulu, kenapa nggak langsung ke skripsi aja.
Nah kiat kiat proses untuk penyusunan itu juga harus dipahami dengan baik. Jika anda belum memahami maka percayalah anda akan mendapatkan kesulitan yang banyak sekali dalam penyusunan skripsi itu nantinya.
Oke silahkan simak bagaimana strategi cerdas dalam menentukan judul penelitian yang baik dan benar.

Cara Cerdas dan cepat dalam menentukan Mendapatkan Topik Skripsi
NIAT yang kuat dalam menentukan Judul

Sebelum kita menentukan judul yang terpenting bukanlah bagus atau tidak mudah atau sulit cepat atau lambat dalam pemilihan judul, yang terpenting adalah niat dalam menentukan judul, kenapa saya katakan begitu karna jika tidak didasari niat yang kuat judul penelitian yang dipilih akan cenderung berubah ubah menyebabkan penentuan judul bisa memakan waktu sampai 3 bulan kedepan hahahaha
Apa minat yang anda sukai saat ini 
Minat sangat erat dengan akses pengetahuan didalam diri kita saat ini. Kenapa?? karna minat erat kaitannya dengan hobi dan hobi erat kaitannya dengan hal yang kita sukai dan hal yang kita sukai merupakan salah satu hal yang cenderung mudah diterima oleh otak kita. secara tidak langsung hal yang menjadi hobi kita saat ini merupakan hal yang betul betul kita tahu cara kerjanya, secara tak langsung ilmu pengetahuan kita sangatlah banyak didalamnya.
Nah gunakanlah minatmu dalam menentukan judul penelitian agar dalam penyusunan skripsi bisa dengan mudah dilakukan sekaligus memantapkan penelitian yang didasari dengan hobi anda

Memulai Pengembaraan dan Berkelana

Terkadang ide tak selalu muncul jika anda hanya berdiam diri dirumah mulailah mencari ide dan memulai investigasi kecil kecilan di luar . Lihat dipapan papan iklan banner banner toko, dimanapun ditempat tempat dimana anda dapat melihat suatu permasalahan yang bersifat umum maupun permasalahan yang baru.

Semakin banyak anda melihat fenomena masalah yang terjadi semakin banyak pulalah opsi judul penelitian anda.

Catat setiap ide yang didapatkan

Manusia tak dapat menghafal seluruh kejadian secara beruntun ada baiknya anda mulai membuat sebuah catatan yang nantinya akan menjadi pilihan topik yang terbaik di skripsi anda,

Terkadang kita selalu malas dalam hal mencatat, namun taukah anda jika kita meluangkan waktu sebentar untuk mencatat maka hal itu akan berdampak baik bagi kita dikemudian hari, contoh ada sepuluh ide yang telah kita catat untuk melakukan pengajuan judul, yang anda pilih yang nomor satu, bisa jadi yang disetujui dosen pembimbing yang nomor dua, Nah disinilah peran catatan kecil kecilan kita sangat berperan penting.

Mulailah dengan bertukar pikiran

Mulailah dengan bertukar fikiran dengan dosen pembimbing, dengan kakak senior atau dengan teman teman lain yang sudah pernah mengikuti skripsi, dapatkan informasi penting dari mereka, mintalah juga saran yang bagus untuk judul anda.

Meninjau tempat tempat pustaka

Selain mencari ide dengan cara diatas , kamu juga bisa mendapatkannya dari membaca jurnal ilmiah. Kamu juga bisa memperoleh jurnal dari situs internet atau perpusatakaan kampus.atau perpusatakaan daerah setempat laiinnya.

Tak hanya dibaca saja, kamu juga bisa mengorek dalam-dalam tentang informasi di dalamnya. Gak jarang suatu jurnal pasti akan ada sebuah “kekurangan” data atau bahkan masih butuh informasi tambahan. Nah, peran kamu disini kamu dapat memanfaatkan celah itu sebagai tema skripsimu. Atau mungkin kamu subtitusi dengan bahan yang berbeda.


Mengembangkan ide dengan cara seperti ini bukan berarti kamu plagiat atau menjiplak tapi kadang kamu justru bisa berperan dalam menyempurnakan ilmu pengetahuan yang sudah ada.

OKe sobat demikianlah cara cara dan kiat kiat dalam menentukan judul penelitian

Dengan mengamati fenomena yang terjadi di sekitar kita secara detail, maka kita akan mampu menemukan masalah-masalah tersebur dengan sangat mudah Kumpulan masalah itulah yang nantinya sangat bermanfaat untuk membuat judul penelitian atau skripsi dan tesis kita nantinya. Ingat, penelitian atau penulisan skripsi dan tesis adalah untuk menyelesaikan suatu masalah secara ilmiah.


Setelah terkumpul berbagai macam masalah, selanjutnya Sobat Pembaca perlu menganalisis masalah yang terjadi sesuai dengan bidang penelitian kita. Jika selesai memilih masalah, maka Sobat Pembaca hendaknya menganalisis masalah itu mengenai penyebab permasalahan terjadi, waktu terjadinya masalah, lokasi masalah ditemukan, dan apakah telah ada langkah-langkah penanggulangan masalah yang terjadi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menentukan Tema atau Judul Penelitian Skripsi"

Posting Komentar