Penjelasan dan Contoh Abstract Method dan Abstract Class PHP

 Penjelasan dan Contoh Abstract Method dan Abstract Class PHP
Dalam pemrograman berbasis objek, Anda akan menemukan apa yang disebut sebagai abstract method dan abstract class PHP. Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai hal itu, baik cara pembuatannya maupun hal lainnya, berikut penjelasannya.

Apa itu abstract method? Itu bisa dikatakan sebagai metode dasar yang harus diterapkan kembali di dalam child class. Metode ini biasanya ditulis tanpa isi dan hanya signature-nya saja. Signature dari sebuah method umumnya terdiri dari nama method itu sendiri dan parameternya (jika ada).
Kemudian, apa itu abstract class? Itu bisa dikatakan sebagai sebuah class yang tidak dapat dibuat menjadi objek. Selain itu, abstract class juga berperan sebagai kerangka dasar terutama bagi class turunannya. Perlu Anda ketahui bahwa di dalam abstract class biasanya akan memiliki abstract method.

Biar Anda lebih paham, berikut contoh atau ilustrasi dalam penerapan dua hal tersebut. Misalnya, Anda ingin membuat sebuah class yang terdiri dari beragam jenis makanan, seperti class rendang, class nasi goreng, dan class mie ayam. Semua class tersebut tentunya memiliki sifat-sifat manakan, seperti adanya bumbu, adanya penyedap rasa, dan seterusnya.

Implementasinya, Anda bisa membuat semua class diturunkan dari class makanan. Agar lebih seragam, semua class yang diturunkan dari class makanan tentu memiliki method yang terdapat dalam setiap child class. Setiap makanan tentunya punya spesifikasi, sehingga setiap class yang diturunkan dari class makanan akan memiliki method lihat_spec().

Lalu, bagaimana cara memaksa setiap class agar bisa memiliki method lihat_spec()? Well, untuk hal ini, Anda bisa membuat class makanan sebagai abstract class kemudian method lihat_spec() sebagai abstract method.

Berbicara lebih jauh lagi, abstract method sebenarnya tidak hanya membuat setiap class memiliki method lihat_spec() saja, namun juga memaksa setiap method agar menerapkan method lihat_spec(). Kemudian, isi dari method diserahkan kepada setiap class. Ya, tentu saja spesifikasi class rendang akan berbeda dengan spesifikasi class nasi goreng.

Perlu Anda ketahui bahwa abstract class punya aturan sendiri, dan itulah yang akan membedakannya dengan class biasa. Aturan tersebut bisa dilihat dengan menggunakan contoh program PHP.
Jika Anda ingin membuat class makanan sebagai abstract class, berikut cara penulisannya di dalam PHP:

<?php
abstract class makanan {
// isi dari class makanan
}
?>
Jika ingin membuat abstract class di dalam PHP, Anda bisa menambahkan keyword abstract sebelum nama class. Perlu diketahui juga bahwa sebuah abstract class dapat memiliki method biasa dan property selayaknya sebuah class normal, tetapi juga dapat memiliki abstract method.
Jika sebuah method ditampilkan sebagai abstract method, maka Anda tidak perlu lagi membuat isi method-nya. namun cukup hanya dengan signature dari method tersebut. Nah, signature bisa terdiri dari nama method dan parameternya (jika ada). Berikut contohnya:

abstract public function lihat_spec() ;
abstract public function lihat_spec($merk) ;

Lalu, bagaimana cara penulisan abstract method lihat_spec() yang ada di dalam abstract class makanam? Berikut contohnya:

<?php
abstract class makanan {
abstract public function lihat_spec();
}
?>

Itulah penjelasan abstract method dan abstract class PHP. Pada akhirnya, tujuan membuat class makanan sebagai abstract yaitu agar Anda bisa melihat bahwa di dalam class rendang, class nasi goreng, dan class mie ayam pasti memiliki method lihat_spec(), lihat_rendang(), lihat_nasi goreng(), dan lihat_mie ayam(). Dengan begitu, maka itu terlihat lebih terstruktur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Penjelasan dan Contoh Abstract Method dan Abstract Class PHP"

Posting Komentar