Ingin Memulai Startup? Simak Cara Mudah Mendapatkan Investor Berikut Ini

Ingin Memulai Startup? Simak Cara Mudah Mendapatkan Investor Berikut IniIngin Memulai Startup? Simak Cara Mudah Mendapatkan Investor Berikut Ini

Indonesia telah masuk dalam era Masyarakat Ekonomi Asean atau MEA. Dengan kondisi ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya mendukung UKM agar berkembang di masyarakat dengan berbagai kebijakan yang membakar semangat masyarakat Indonesia untuk berwirusaha. Pemerintah berharap masyarakat dapat mengembangkan kreativitas dan perluasan kegiatan ekonomi sehingga ekonomi di Indonesia dapat merata. Apakah Anda adalah seseorang yang sedang berencana memulai bisnis yang luar biasa? Anda sudah merancang bisnis yang besar tetapi terkendala modal? 

Memang modal biasanya menjadi kendala semua pebisnis. Orang-orang akan cenderung melakukan pinjaman ke bank untuk mendapatkan modal. Akan tetapi, akhir-akhir ini, pebisnis mulai melirik penggunaan investor untuk memodali bisnis mereka. Cara dapatkan investor merupakan salah satu hal penting yang dipikirkan oleh para pebisnis. Hal ini karena menggunakan investor memiliki beberapa keuntungan. Selain Anda dapat mendapatkan modal bisnis, Anda juga akan memiliki rekan kerja. Rekan kerja ini akan turut mengawasi berjalannya usaha Anda dan berperan dalam membangun kualitas usaha Anda.

Cara dapatkan investor jaman sekarang bukan lagi hal yang sulit. Banyak tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan investasi. Anda cukup mempresentasikan keunggulan bisnis Anda dan meyakinkan para investor untuk menanamkan modal kepada Anda kemudian mendapatkan beberapa kesepakatan dengan mereka. Beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan investor  antara lain, IDX Incubator, Kejora Ventures, Ciputra GEPI, Jakarta Creative Hub, dan East Ventures. 

Tempat-tempat ini selain menyediakan investasi, beberapa tempat di atas juga menyediakan kegiatan mentoring untuk para pebisnis sehingga menjadi pebisnis yang profesional agar bisnisnya bisa berkembang dengan baik dan tentu saja menguntungkan.  Anda bisa memilih tempat mana yang akan Anda kunjungi sesuai dengan bidang usaha yang Anda geluti. Misalnya saja, jika Anda menggeluti usaha dalam bidang startup digital seperti situs pencarian kerja online, belanja online, ataupun usaha finansial online, Anda bisa mengunjungi Kejora Ventures, East Ventures, ataupun Ciputra GEPI. 

Ketiga grup investor ini akan mendanai usaha yang bergerak di bidang online. Meskipun bisnis online sedang marak-maraknya, akan tetapi tidak menyurutkan semangat para pebisnis offline. Salah satunya adalah para pemilik UMKM. Jika usaha Anda termasuk dalam UMKM maka Anda bisa mengunjungi Jakarta Creative Hub. Jakarta Creative Hub didirikan sendiri oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta. Memang pemerintah sedang mengadakan berbagai program untuk mengembangkan bisnis UMKM. Tempat ini juga menyediakan ruangan yang bisa digunakan untuk membentuk komunitas UMKM. Komunitas dapat menjadi sarana bagi para pemilik UMKM sehingga Anda bisa saling sharing megenai usaha masing-masing, bahkan selanjutnya bisa bekerja sama. 

Setelah Anda tahu kemana Anda harus pergi untuk mendapatkan investor, lalu apa yang harus Anda lakukan agar mendapatkan kesepakatan dengan para investor? Cara dapatkan investor yang banyak diminati oleh para pebisnis adalah dengan mengikuti kegiatan yang dibuat oleh perusahaan grup investor. Kegiatan-kegiatannya antara lain Seminar Kewirausahaan, Stratup Competition bagi yang menggeluti dunia online, Crowdfunding, dan Angel Investor.

Kegiatan ini mungkin terdengar asing bagi Anda yang belum pernah mencari investor.  Inti dari kegiatan ini sebenarnya sama. Anda akan diminta untuk menjelaskan ide bisnis Anda atau bisnis yang telah Anda jalankan. Anda perlu menjelaskan kelebihan dari usaha Anda sehingga menarik bagi investor untuk menanamkan model pada bisnis Anda.  Kegiatan ini juga merupakan ajang bagi para pemilik modal untuk mencari bisnis terbaik untuk menanamkan modalnya.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Ingin Memulai Startup? Simak Cara Mudah Mendapatkan Investor Berikut Ini"